• Selasa, 4 Oktober 2022

Puluhan Jurnalis Muda Digembleng di Masa Orientasi SiGMA MOS 2022 UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 19:48 WIB
Puluhan jurnalis muda yang merupakan mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten digembleng di Masa Orientasi SiGMA (MOS) LPM SiGMA UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. (Tohir/bantenraya.com)
Puluhan jurnalis muda yang merupakan mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten digembleng di Masa Orientasi SiGMA (MOS) LPM SiGMA UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. (Tohir/bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM – Puluhan jurnalis muda yang merupakan mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten digembleng di Masa Orientasi SiGMA (MOS 2022) yang digelar Lembaga Pers Mahasiswa SiGMA UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Puluhan jurnalis muda ini akan mengikuti Masa Orientasi SiGMA (MOS 2022) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten selama empat hari.

Puluhan Jurnalis Muda Digembleng di Masa Orientasi SiGMA (MOS 2022) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Menurut Pimpinan Umum LPM SiGMA Fajri Munawir, Masa Orientasi SiGMA (MOS 2022) adalah program satu tahun sekali dalam satu tahun kepengurusan di LPM SiGMA yang bertujuan mencari bibit jurnalis, penyiar radio, jurnalis televisi, dan penyiar televisi di pers kampus.

Baca Juga: Pahala Ayyamul Bidh Setara Puasa Satu Tahun Penuh, Begini Pandangan Hadist Bukhari dan Muslim

Mereka adalah mahasiswa baru yang merupakan calon jurnalis muda yang menyukai dunia jurnalistik dan broadcasting.

"MOS 2022 diikuti 41 mahasiswa yang berasal dari lima fakultas di UIN SMH Banten," kata Fajri di sela pelaksanaan MOS 2022 yang digelar di Aula Sadjli Hasan kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jumat, 13 Mei 2022.

Adapun kelima fakultas itu yaitu Fakultas Saintek, Fakultas Dakwah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuludin dan Adab, dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Baca Juga: Arti Kata Bacot, Diksi yang Diucapkan Perempuan Viral Lantaran Serobot Antrean Turun Pesawat

Fajri mengatakan, MOS 2022 akan berlangsung selama empat hari sampai dengan 15 Mei 2022 mendatang.

Para peserta akan mengikuti sejumlah materi dari para alumni SiGMA yang sudah kompeten di bidang masing-masing. Mereka sudah menjadi wartawan, penyiar, dan layouter dan designer profesional.

Fajri mengungkapkan, MOS 2022 mengambil tema "membentuk karakter jurnalis yang kritis, tanggap, dan profesional" karena dia melihat saat ini mahasiswa lebih banyak yang kritis tetapi hanya spontanitas tanpa kedalaman.

Baca Juga: Tanggapan Ketua PBNU Fahrur Razi Soal Podcast LGBT Deddy Corbuzier: Masyarakat Jangan Berlebihan

Mahasiswa juga lemah dalam budaya baca sehingga pada akhirnya melemahkan pemikiran mereka sebagai mahasiswa yang dituntut kritis.

"Dengan tema ini diharapkan para mahasiswa bisa memiliki karakter sebagai jurnalis yang kritis dan profesional," katanya. ***

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SDN Labuan 3 Juara Umum FLS2N Tingkat Kecamatan

Minggu, 27 Maret 2022 | 19:02 WIB

Bahasa Daerah Banten Masuk Kategori Terancam Punah

Kamis, 24 Februari 2022 | 07:56 WIB

Gelar Mubes, HMBM UIN Banten Kini Punya Pengurus Baru

Rabu, 23 Februari 2022 | 10:39 WIB
X