Sejarah Patung Jendral Soedirman Satu-Satunya Pahlawan Asing yang di Pajang di Kementerian Pertahanan Jepang

- Minggu, 9 Januari 2022 | 15:13 WIB
Fakta menarik patung Jenderal Soedirman (Instagram @kemhanri)
Fakta menarik patung Jenderal Soedirman (Instagram @kemhanri)

BANTENRAYA.COM - Jenderal Soedirman adalah merupakan figur penting dalam sejarah Indonesia, tidak hanya sejarah Indonesia saja tetapi Indonesia dan Jepang.

Melalui tentara PETA yang dibentuk Jepang pada masa pendudukan, kontak antara bala tentara Jepang dengan Jenderal Soedirman yang terjadi.

Maka Jenderal Soedirman adalah menjadi salah satu simbol penting dalam hubungan kedua negara, yaitu Indonesia dan Jepang.

Baca Juga: Anya Geraldine Bongkar Rahasia Lucu Jefri Nichol di Video Klip NOAH

Bagaimana sejarah terciptanya muncul dengan adanya patung Jenderal Soedirman di Kementerian Pertahanan Jepang, sebagai satu-satunya patung asing yang berada di dalam kementerian tersebut hingga saat ini.

Pada tahun 2010, seseorang yang punya hubungan baik antara Indonesia dan Jepang punya ide untuk memberikan sesuatu yang sangat berharga untuk mengupayakan mempererat hubungan kedua negara.

Baca Juga: POPULER HARI INI: Terbaru! Link Download Layangan Putus Full Episode 1 - 8 Hingga BPRS CM Diobok-obok Kejari

Yang kemudian "ditangkap" idenya oleh yaitu Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, pada saat itu di bawah pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Setelah itu dikonsultasikan dan melakukan lobi dengan pihak Jepang, dan akhirnya menyetujui hal tersebut di belakang layar saat itu. Pada Jumat, 14 Januari 2011, Menteri Pertahanan Jepang Toshimi Kitazawa mengadakan Pertemuan Tingkat Menteri Pertahanan Jepang dan Indonesia dengan Menteri Pertahanan Indonesia yaitu Purnomo selama kurang lebih satu jam lamanya.

Baca Juga: Kaum Millenial Jadi Magnet Partai Politik Indonesia

Kemudian Menteri Pertahanan Purnomo menyumbangkan patung Jenderal Soedirman, pahlawan nasional kemerdekaan Indonesia yang menerima pendidikan dan pelatihan Jepang (di PETA = Pembela Tanah Air) kepada Kementerian Pertahanan.

Patung Jenderal Soedirman di Kementerian Pertahanan Jepang ini mengenakan seragam PETA, organisasi tentara yang didirikan Jepang. Berbeda dengan patung-patung lainnya, yang selalu memakai jas dan blangkon.

Patung Jenderal Soedirman menjadi bukti bahwa kedua negara berhubungan baik, khususnya dengan bidang keamanan dan pertahanan yang sudah terjalin sejak lama.

Baca Juga: Fuji Swafoto Pakai Hijab, Thariq Halilintar: Butuh Imam?

Spesifikasi Patung Jenderal Soedirman

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahasiswa KPI UIN Banten Luncurkan 2 Buku Sekaligus

Jumat, 30 Desember 2022 | 08:32 WIB

SDN Labuan 3 Juara Umum FLS2N Tingkat Kecamatan

Minggu, 27 Maret 2022 | 19:02 WIB

Bahasa Daerah Banten Masuk Kategori Terancam Punah

Kamis, 24 Februari 2022 | 07:56 WIB
X