• Jumat, 21 Januari 2022

Pengertian Jurnalistik, Lengkap dengan Ciri-ciri dan Penggunaan Bahasa Khas Jurnalis

- Minggu, 5 Desember 2021 | 10:02 WIB
Belajar jurnalistik sangat besar manfaatnya baik untuk reportase berita atau pun kepentingan dunia usaha dan pemerintahan (dok bantenraya)
Belajar jurnalistik sangat besar manfaatnya baik untuk reportase berita atau pun kepentingan dunia usaha dan pemerintahan (dok bantenraya)

BANTENRAYA.COM – Belajar jurnalistik banyak manfaatnya baik untuk keperluan liputan bagi seorang wartawan atau conten cretator, sehingga pengertian jurnalistik berikut ciri-ciri  dan penggunaan bahasa jurnalistik harus dikuasai.

Pengertian jurnalistik berasal dari bahasa latin yaitu diurnal yang berarti harian atau tiap hari. Acta diurnal adalah catatan harian atau pengumuman tertulis setiap hari pada papan pengumuman tentang kegiatan senat masa Kaisar Romawi Julius Caesar pada abad 60 sebelum masehi.

Sedangkan dalam bahasa Perancis, jurnalistik berasal dari kata journ berarti catatan atau laporan harian.

Baca Juga: Unbaja Bangun Kota Serang Melalui Pendidikan

Secara sederhana, definisi jurnalistik adalah kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan atau pelaporan setiap hari.

Jadi jurnalistik bukanlah pers atau media massa, karena jurnalistik merupakan sesuatu yang memungkinkan pers atau media massa bekerja dan diakui eksitensinya dengan baik.

Sebagaimana mengutip pendapat Adinegoro dalam buku Haris Sumadria bahwa definisi jurnalistik adalah semacam kepandaian mengarang yang pokoknya memberi perkabaran pada masyarakat dengan selekas-lekasnya atas seluas-luasnya.

Menurut Astrid S. Susanto jurnalistik adalah kegiatan pencatatan dan atau pelaporan serta penyebaran tentang kejadian sehari-hari.

Baca Juga: Mahasiswa STISIP Banten Raya Antusias Ikut Seminar Jurnalistik, Ketua SMSI : Tak Mudah Sandang Status Wartawan

Sedangkan menurut Djen Amar, kegiatan mengumpulkan, mengolah dan menyebarkan berita kepada khalayak seluas-luasnya dengan secepat-cepatnya.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.110 Mahasiswa Untirta Terpilih Ikuti KKM Offline

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:30 WIB

Hari Sejuta Pohon, BEM FT Untirta Tanam Ribuan Pohon

Selasa, 11 Januari 2022 | 09:27 WIB
X