• Jumat, 21 Januari 2022

6 Tahapan Islamisasi di Banten, Dimulai dari Pemetaan di Desa Banten Girang

- Rabu, 1 Desember 2021 | 08:15 WIB
Suasana seminar budaya yang digelar Dindikbud Banten dan mengungkap 6 tahapan Islamisasi di Banten yang dimulai dengan pemetaan di Desa Banten Girang. (Satibi/Bantenraya.com)
Suasana seminar budaya yang digelar Dindikbud Banten dan mengungkap 6 tahapan Islamisasi di Banten yang dimulai dengan pemetaan di Desa Banten Girang. (Satibi/Bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM - Keberadaan Islam di Banten melalui perjuangan panjang para cendikiawan muslim saat itu. Sedikitnya ada 6 tahapan Islamisasi di Banten.

Tahapan Islamisasi di Banten itu terungkap dalam Seminar Sejarah Banten yang digelar oleh Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebududayaan (Dindikbud) Provinsi Banten secara hybrid.

Menurut Bambang Qomaruzaman, salah seorang pembicara dalam seminar tersebut mengungkapkan tahapan-tahapan Islamisasi di Banten.

Baca Juga: Daftar Film yang Akan Tayang Desember 2021, Ada Yuni hingga Spiderman No Way Home

Tahapan pertama Islamisasi adalah para cendekiawan muslim melakukian pemetaan dari Gerage ke Desa Banten Girang dan kemudian ke selatan Banten melintasi Gunung Pulosari.

Kemudian pada tahapan kedua, kata Bambang, para para ulama ini melakukan pertapaan di Pulosari, dan pada tahapan ketiga belajar dan mengajarkan hakikat iman dan Islam.

“Tahap keempat para ulama ini mengajarkan dan menyebarkan Islam di kalangan jin dan 800 ajaran yang ditinggal Pucukumun Saka Domas,” katanya.

Baca Juga: Hasil Lengkap Pekan ke 14 Liga 1 2021, Arema FC Tempel Bhayangkara FC

Pada tahapan kelima, melanjutkan perjalanan ke Mekkah dan tahapan terakhir melakukan penyebaran Islam secara terbuka dengan mengadu ayam.

Bukti Islamisasi yang terjadi di Banten dengan adanya Prasasti Batutulis dibuat Prabu Surawisesa, Raja Sunda yang berkuasa selama 14 tahun (1521-1535 M) pada 1533 setelah perjanjian damai dengan Syarif Hidayatullah.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.110 Mahasiswa Untirta Terpilih Ikuti KKM Offline

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:30 WIB

Hari Sejuta Pohon, BEM FT Untirta Tanam Ribuan Pohon

Selasa, 11 Januari 2022 | 09:27 WIB
X