• Kamis, 20 Januari 2022

Sejarah KORPRI, dari Pegawai Rendahan Belanda Sampai Menjadi Alat Politik Penguasa

- Senin, 29 November 2021 | 10:35 WIB
Sejarah KORPRI di Indonesia sangat panjang. Ini adalah salah sat kegiatan KORPRI di Kabupaten Serang (Rahmatullah/Bantenraya)
Sejarah KORPRI di Indonesia sangat panjang. Ini adalah salah sat kegiatan KORPRI di Kabupaten Serang (Rahmatullah/Bantenraya)

BANTENRAYA.COM - Ini adalah Sejarah KORPRI. Hari ini, 29 November diperingati sebagai hari Korps Pegawai Republik Indonesia atau KORPRI.

Sejarah KORPRI harus kita ketahui karena tidak bisa dilepaskan dari masa penjajahan Belanda di Nusantara.

Dikutip Bantenraya.com dari situs jdih.cianjurkab.go.id, Sejarah KORPRI diawali dari pegawai Hindia Belanda kelas rendahan.

Baca Juga: Dua Desa di Kabupaten Serang Direndam Banjir, 1.230 Orang Terdampak

Pada saat itu, para pekerja ini merupakan pribumi yang dipekerjakan Belanda untuk kepentingan penjajah.

Setelah Belanda kalah oleh Jepang, pegawai eks Belanda secara otomatis menjadi pekerja Jepang menjadi pegawai pemerintah.

Lalu setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan tahun 1945, seluruh pegawai pemerintah Jepang secara otomatis dijadikan Pegawai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: 1 Menit Yang Lalu, Berikut Ini Kode Redeem ML 29 November 2021 Terbaru

Pegawai NKRI terbagi kemudian terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu Pegawai Republik Indonesia yang berada di wilayah kekuasaan RI, pegawai RI yang berada di daerah yang diduduki Belanda (Non Kolaborator), dan pegawai pemerintah yang bersedia bekerjasama dengan Belanda (Kolaborator).

Setelah pengakuan kedaulatan RI oleh Belanda tanggal 27 Desember 1949, seluruh pegawai RI, pegawai RI non Kolaborator, dan pegawai pemerintah Belanda dijadikan Pegawai RI Serikat. 

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.110 Mahasiswa Untirta Terpilih Ikuti KKM Offline

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:30 WIB

Hari Sejuta Pohon, BEM FT Untirta Tanam Ribuan Pohon

Selasa, 11 Januari 2022 | 09:27 WIB
X