• Selasa, 4 Oktober 2022

Mengenal Sosok Raden Aria Wangsakara yang Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

- Selasa, 9 November 2021 | 08:30 WIB
Mengenal lebih dekat sosok Raden Aria Wangsakara yang Akan Dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Jokowi pada 10 November 2021. (Dokumentasi Pemprov Banten)
Mengenal lebih dekat sosok Raden Aria Wangsakara yang Akan Dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Jokowi pada 10 November 2021. (Dokumentasi Pemprov Banten)

BANTENRAYA.COM – Presiden Jokowi akan menganugerahi gelar pahlawan nasional kepada Raden Aria Wangsakara dan tiga sosok lainnya.

Penganugerahan gelar pahlawan nasional akan dilakukan tepat di Hari Pahlawan di Istana Bogor pada 10 November 2021.

Raden Aria Wangsakara dianugerahi gelar pahlawan nasional sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 109 TK/2021 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Baca Juga: Gara-gara Merek GoTo, Gojek dan Tokopedia Digugat hingga Rp2,08 Triliun

Selain itu ketiga tokoh lainnya yang turut mendapatkan gelar pahlawan nasional adalah Tombo Lututu (Sulawesi Tengah), Sultan Aji Muhammad Idris (Kalimantan Timur), dan Usmar Ismail (DKI Jakarta).

Dikutip oleh Bantenraya.com dari laman resmi Pemprov Banten, sosok Raden Aria Wangsakara dijelaskan dalam buku karya Lutfi Abdul Gani yang berjudul Ki Luluhur Rekam Jejak Sejarah Raden Aria Wangsakara yang terbit pada tahun 2020 lalu.

Dalam buku tersebut dijelaskan profil dari Raden Aria Wangsakara yang lahir sekitar tahun 1024 H atau 1615 M.

Baca Juga: Ungkapkan Kesedihan Valentino Rossi Jelang Balapan Terakhir

Perkiraan tersebut dari naskah Paririmbon Keariaaan Tangerang yang menyebut dirinya meninggal pada malam Jumat Manis tahun 1681 M di usia 66 tahun.

Orang tua dari Raden Aria Wangsakara berasal dari dua kerajaan. Ayahnya bernama Wiraraja I merupakan Pangeran Kerajaan Sumedang Larang, yang merupakan salah satu dari pewaris takhta kerajaan.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Sumber: bantenprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SDN Labuan 3 Juara Umum FLS2N Tingkat Kecamatan

Minggu, 27 Maret 2022 | 19:02 WIB

Bahasa Daerah Banten Masuk Kategori Terancam Punah

Kamis, 24 Februari 2022 | 07:56 WIB

Gelar Mubes, HMBM UIN Banten Kini Punya Pengurus Baru

Rabu, 23 Februari 2022 | 10:39 WIB
X