• Jumat, 27 Mei 2022

Jurusan Teknik Sipil Untirta Terapkan Inovasi Rainwater Harvesting, Begini Cara Kerjanya

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:00 WIB
Tim Jurusan Teknik Sipil Untirta foto bersama usai melakukan pengabdian masyarakat. Dalam kegiatan tersebut, mereka menerapkan inovasi rainwater harvesting (Satibi/Bantenraya.com)
Tim Jurusan Teknik Sipil Untirta foto bersama usai melakukan pengabdian masyarakat. Dalam kegiatan tersebut, mereka menerapkan inovasi rainwater harvesting (Satibi/Bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM - Jurusan teknik sipil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) gelar pengabdian masyarakat di Musala Baiturrahman, Desa Teglasari.

Kegiatan dari Untirta ini merupakan Program  Pengembangan Usaha Produk  (PPUPIK), berupa implementasi gerakan nasional kemitraan penyelamatan air (GNKPA) melalui pemanenan air hujan atau rainwater harvesting.

Restu Wigati, Dosen Teknik Sipil Untirta yang juga Ketua Pelaksana menjelaskan, tujuan dari acara ini agar masyarakat tahu dan paham mengenai penyelamatan air melalui pemanenan air hujan.

Baca Juga: Viral Debat Netizen dengan Admin Humas Polda Kalteng tentang kata Mampus

“GNKPA melalui pemanenan air hujan (rainwater harvesting) di lingkungan terdekat yang dapat dilakukan secara individu maupun kelompok di masyarakat,” ujarnya, kemarin.

Tidak hanya itu, Restu juga menjelaskan cara kerja alat ini cukup simpel dan mudah digunakan oleh siapa saja.

“Pertama, air hujan ditangkap kemudian disalurkan menggunakan talang menuju bak filtrasi. Kedua, air masuk ke dalam filtrasi satu dan dua," katanya.

Baca Juga: Wasekjen Golkar Andika Hazrumy Restui Fahmi Hakim Maju di Pilbup Serang

"Selanjutnya air hujan yang sudah melewati tahapan penyaringan akan menuju bak penampungan dengan kondisi sudah bersih dan siap dimanfaatkan untuk cuci tangan,” paparnya.

Restu juga menjelaskan memilih konsep rainwater harvesting merupakan inovasi yang dilakukan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan skema Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SDN Labuan 3 Juara Umum FLS2N Tingkat Kecamatan

Minggu, 27 Maret 2022 | 19:02 WIB

Bahasa Daerah Banten Masuk Kategori Terancam Punah

Kamis, 24 Februari 2022 | 07:56 WIB

Gelar Mubes, HMBM UIN Banten Kini Punya Pengurus Baru

Rabu, 23 Februari 2022 | 10:39 WIB
X