• Sabtu, 18 September 2021

Prakiraan Cuaca BBMKG, Banten Sudah Mulai Memasuki Musim Penghujan

- Rabu, 15 September 2021 | 19:53 WIB
Pera prakiraan cuaca BBMKG Wilayah II. Banten diperkirakan saat ini telah memasuki musim penghujan. (Dokumentasi BBMKG Wilayah II)
Pera prakiraan cuaca BBMKG Wilayah II. Banten diperkirakan saat ini telah memasuki musim penghujan. (Dokumentasi BBMKG Wilayah II)

BANTENRAYA.COM - Beberapa wilayah di Provinsi Banten telah memasuki musim penghujan, bahkan hujan yang terjadi di Banten mengakibatkan provinsi di ujung Pulau Jawa ini dikepung banjir.

Berdasarkan rilis perkiraan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II, yang dikutip Bantenraya.com. Awal musim penghujan di Banten tahun ini diperkirakan pada September 2021 ini.

Prakiraan BBMKG awal musim penghujan di Banten di Wilayah Kabupaten Lebak lalu bulan selanjutnya disusul Kabupaten Pandeglang.

Baca Juga: Pesan Bupati Pandeglang Bagi Peserta yang Tak Lolos Tes CPNS: Jangan Baper

Begitu juga dengan Kabupaten Serang bagian Selatan, Kota Serang bagian Selatan, Kabupaten Tangerang bagian Selatan dan sebagian besar Kota Tangerang Selatan.

Sementara pada Bulan November giliran Kabupaten Serang bagian Utara, Kota Serang bagian Utara dan Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang bagian Tengah, Kota Tangerang yang diprakirakan memasuki awal musim penghujan.

Untuk Pesisir Utara Kabupaten Serang dan pesisir Utara Kabupaten Tangerang diprakirakan memasuki awal musim penghujan pada Bulan Desember Dasarian II.

Baca Juga: 1.566 Warga di Kabupaten Serang Terdampak Banjir, Ini yang Jadi Penyebabnya

Septina Resha Trinanda Forecaster BBMKG Wilayah II menyampaikan, untuk beberapa hari ini terdapat hujan deras di beberapa wilayah di Banten karena dipicu oleh faktor cuaca regional yang cukup aktif di wilayah Banten.

“Cuaca regional yang cukup aktif di wilayah Banten, diantaranya MJO (madden julian oscillation) dan konvergensi (daerah pertemuan massa udara),” katanya.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tabrani Hadiri Pelatihan Kewirausahaan di SMAN 4 Serang

Jumat, 17 September 2021 | 22:55 WIB

Horee... Insentif Guru Madrasah Cair Bulan Ini

Selasa, 14 September 2021 | 19:10 WIB

Unbaja Gelar Pilar 2021 dengan Metode Hybrid

Selasa, 14 September 2021 | 17:03 WIB
X