• Rabu, 26 Januari 2022

Unsera Kirimkan Peserta KKM ke Luar Negeri

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 08:00 WIB
WhatsApp Image 2021-08-24 at 17.51.59
WhatsApp Image 2021-08-24 at 17.51.59

SERANG, BANTEN RAYA-Di masa pandemi Covid-19 yang belum usai ini, tidak menghalangi Universitas Serang Raya (Unsera) untuk tetap melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa kuliah kerja mahasiswa (KKM) Tematik 2021 yang sifatnya fleksibel.


Pelaksanaan KKM Tematik Unsera tahun 2021 ini bertema “Pendampingan Desa secara Berkelanjutan dan Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat di Era New Normal”. KKM ini diikuti sebanyak 1.166 mahasiswa yang terbagi ke dalam 78 kelompok dengan 78 orang Dosen Pembimbing Lapanngan (DPL).


Dalam pelepasan KKM secara daring, Unsera pun mengikutsertakan mahasiswa untuk melaksanakan KKM Mandiri Internasional di Timor Leste. Hal tersebut merupakan pengalaman pertama Unsera dalam melaksanakan KKM mandiri di luar negeri.


Menurut Ketua Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat (LPPM) Unsera Shohifah Annur, tahap pertama pelaksanaan KKM ini, sebanyak 329 mahasiswa yang terbagi ke dalam 22 kelompok sudah diterjunkan untuk pelaksanaan KKM pada bulan April tahun 2021 kemarin.


"Untuk tahap kedua ini sebanyak 837 mahasiswa yang terbagi dalam 56 kelompok sudah diterjunkan ke beberapa lokasi. Ini merupakan hal pertama dalam KKM Unsera mengikutsertakan KKM di luar negeri, semoga ilmu-ilmu yang nantinya mahasiswa sumbangsihkan didaerah tersebut dapat bermanfaat, yang tentunya tetap memperhatikan segala protokol kesehatan,” katanya, kemarin.


Kabag Pengabdian Masyarakat LPPM UNSERA Lina Marliana Dewi mengatakan, konsep KKM Tematik kali ini, mahasiswa bisa melaksanakan KKM di sekolah maupun perkampungan di sekitar tempat tinggal mahasiswa, dengan melakukan beberapa kegiatan, seperti melakukan pengajaran dan pendampingan untuk anak-anak sekolah di sekitar tempat tinggal, menciptakan berbagai produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, membuat pelatihan marketing digital, ataupun melakukan edukasi masyarakat.


“KKM Tematik 2021 ini dilaksanakan secara online dan offline di sekitar tempat tinggal masing-masing mahasiswa, sehingga meminimalisir pengumpulan massa. Atas dasar ini, sasaran dan jangkauan lokasi kegiatan KKM Tematik ini pun luas dan fleksibel, menjangkau ke seluruh tempat tinggal mahasiswa dari mulai Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon serta beberapa di tempat tinggal mahasiswa di luar Pulau Jawa, seperti Lampung, Kalimantan, Kepulauan Riau, bahkan di luar negeri seperti Timor Leste, karena ada mahasiswa kita yang tinggal di Timor Leste,” imbuhnya.


Selain Timor Leste, mahasiswa Unsera pun tersebar diberbagai kota di Indonesia seperti Lampung, Kalimantan dan Kepulauan Riau. Alasan diadakannya KKM di kota dan negera tersebut, untuk mempermudah mahasiswa yang sudah tinggal didaerah asalnya semenjak pandemi dan kuliah daring.


Unsera memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang diluar Kota Serang untuk tetap melaksanakan KKM untuk memposisikan sebagai representasi dari Unsera, sehingga dapat memberikan kesan baik pada masyarakat di tempat KKM,” jelas Liza Diniarizky, Kabag Humas Unsera. (satibi)

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

FKIP Uniba Gelar FGD Penelitian Dana Hibah

Selasa, 25 Januari 2022 | 07:43 WIB

1.110 Mahasiswa Untirta Terpilih Ikuti KKM Offline

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:30 WIB
X