• Selasa, 30 November 2021

Bentuk Pendidikan Karakter, Untirta Bentuk GNRM

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 08:00 WIB
WhatsApp Image 2021-08-04 at 19.50.14
WhatsApp Image 2021-08-04 at 19.50.14

SERANG, BANTEN RAYA-Universitas Sultan Ageng tirtayasa (Untirta) telah membentuk Tim Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Tahun 2021. Gerakan ini bertujuan untuk mengubah cara pandang, pola pikir, sikap, nilai-nilai dan perilaku bangsa Indonesia, khususnya di Untirta dan sekitarnya.


Gerakan Nasional ini digelorakan untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Asep Ridwan yang merupakan Dekan Fakultas Teknik ditunjuk sebagai Ketua GNRM Untirta.


Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi, menurut Asep, Untirta merupakan lembaga yang strategis dalam revolusi mental, karena di kampuslah generasi muda bangsa diberikan pendidikan untuk siap membangun bangsa.


Menurutnya, dari dunia pendidikan inilah sumber daya manusia bangsa perlu diberikan bekal untuk mampu menerapkan nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong. Lebih lanjut baik peserta didik (mahasiswa) dan institusi pendidikannya, perlu mengembangkan semangat kajian keilmuan dalam upaya mewujudkan internalisasi nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong di perguruan tinggi.


Gerakan yang diprakarsai oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia sejak tahun 2016, katanya, kembali digencarkan ditengah situasi ekonomi yang sulit.


"Di masa pandemi diharapkan masyarakat bangkit merubah pandangan dan perilaku dengan bergotong royong untuk bersama-sama menghadapai pandemi. Hal ini sesuai arahan Presiden RI dengan dalam visi Terwujudnya Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri dan berpribadian berlandaskan gotong royong," kata Asep, kemarin.


Ia menjelaskan, pada saat kunjungan Presiden RI meresmikaan kampus baru, Untirta diminta menjadi lokomotif pendidikan di Banten harus memfungsikan diri sebagai menara air, sebagai pusat keilmuan dan keteladanan dengan inovasi dan berkontribusi dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak.


Sementara itu, Rektor Untirta Fatah Sulaiman yang memimpin rapat koordinasi perdana Tim GNRM melalui zoom meeting memotivasi kepada seluruh anggota agar memaksimalkan peran-peran perguruan tinggi terhadap pembangunan desa dan pemberdayaan kepada masyarakat dengan GNRM ini.


Kata Rektor, gerakan ini sejalan dengan visi misi dan nilai-nilai Untirta JAWARA (Jujur Adil Wibawa Amanah Reliligius Akuntabel). Tim GNRM Untirta diminta aktif melakukan lima gerakan kepada masyarakat setempat, yakni di kawasan kampus Untirta di Sindangsari Pabuaran, yakni Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakna Indonesia Mandiri, Gerakan Indonesia Bersatu.

Halaman:

Editor: Redaksi

Terkini

10 Kado Inspirasi di Hari Guru 25 November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 15:37 WIB
X