• Kamis, 26 Mei 2022

Stadion Sport Center Diberi Nama Banten Internasional Stadium

- Kamis, 2 September 2021 | 18:22 WIB
Stadion Banten (1)
Stadion Banten (1)

SERANG, BANTEN RAYA- Pemprov Banten secara resmi menyematkan Banten Internasional Stadium untuk sebagai nama stadion di Kawasan Sport Center, Kecamatan Curug, Kota Serang yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. Nama tersebut diberikan lantaran dinilai memiliki aura besar dan mendunia.


“Sekarang kita namanya Banten Internasional Stadium, biar namanya lebih keluar,” ujarnya Gubernur Banten Wahidin Halim kepada awak media di Sekretariat DPRD Provinsi Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Kamis (2/9/2021).


Ia mengungkapkan, awalnya terdapat sejumlah pilihan dipertimbangkan untuk nama stadion sport center tersebut. Misalnya nama Sultan Ageng Tirtayasa, akan tetapi urung dilakukan karena nama itu sudah identik dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Pun demikian dengan nama Sultan Maulana Hasanudin yang sudah lekat dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Banten.


“Namain Tirtayasa kata orang yang Hasanudin (UIN Banten-red) itu mah Untirta dan sebaliknya. Kalau namanya nama kiai kalau penampilnya berantem, masa nama kiai ada yang berantem, atau kencing sembarang kan (kurang pas),” katanya.  


BACA JUGA: Standar FIFA, Stadion Banten Pakai Rumput Zoysia Matrella dari Italia


Diungkapkannya, pembangunan stadion sendiri saat ini sedang dikebut dan akan tetap berlanjut hingga tahun depan. Menurutnya, pembiayaan yang loncat tahun diperkenankan karena status pembangunannya adalah multiyears atau tahun jamak.


“(Pembangunan) Stadion Banten terus berlanjut. Multiyears boleh,” ungkapnya.


Sebelumnya diketahui, Pemprov Banten membuka polling nama stadion yang sedang dibangun di Kawasan Sport Center. Pemprov Banten telah menyiapkan 8 nama yang bisa dipilih. Nama-nama diambil dari julukan Banten hingga nama sultan. Berikut ini pilihan dan artinya.


– STADION GELORA JAWARA, diartikan stadion dengan semangat jagoan atau pendekar.

Halaman:

Editor: Dewa

Tags

Terkini

X