• Rabu, 29 Juni 2022

Pengalaman Menerapkan Metode Pembelajaran di Masa Pandemi Metode Pembelajaran Berbasis Projek

- Jumat, 24 September 2021 | 14:47 WIB
Darla Efendi
Darla Efendi

Oleh : Darla Efendi, M.Pd

Dua tahun sudah berjalan, berita tentang covid 19 masih terus berseliweran di berbagai media baik cetak maupun elektronik. Pemerintah sudah berupaya sangat maksimal untuk melakukan pencegahan, dimulai dari Pembatasan Social Bersekala Besar (PSBB) hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Singkronisasi kebijakan pusat dan daerah terus di galakan, anggaran untuk penanganan Covid 19 dikucurkan bernilai pantastis, dampak kerugian yang dirasakan oleh pelaku ekonomi baik mikro maupun makro sangat terasa, perusahaan-perusahaan diambang kebangkrutan, para pegawai, buruh dan pekerja tetap maupun kontrak banyak yang di rumahkan, tempat ibadah ditutup sekolah diliburkan.

Guru sebagai bagian dari masyarakat, guru sebagai tenaga profesi yang berkewajiban menyampaikan ilmu pengetahuan, mengubah sikap dan memberikan pengajaran kepad peserta didik sangat merasakan dampak yang luar biasa. Bagaiman tidak, karena guru bukan saja di tuntut oleh masyarakat melainkan sebuah kewajiban yang sangat mutlak sebagai profesi pendidik harus menjalankan transpormasi pengetahuan kepada peserta didik.

Baca Juga: Gubernur Banten Klaim Perubahan APBD 2021 Paling Besar untuk Belanja Pendidikan, Ini Faktanya

Pemerintah melalui kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan proses pembelajaran dari rumah (Daring) dengan batas waktu yang tidak ditentukan. Guru secara totalitas harus mengubah kebiasaan, mengubah strategi pengajaran, mengubah gaya mengajar mengubah prilaku dari yang tidak biasa menggunakan teknologi sekarang dituntut bekerja dengan teknologi yang tidak biasa mengalami kendala besar. Bisa dibayangkan oleh kita semua seperti apa tekanan yang dirasakan oleh para guru senoira yang usianya beberapa tahun lagi menjelang pension, mereka menganggap bahwa Handpoone, laptop dan internet sesuatu yang menyulitkan bagi mereka, sekarang mereka diharuskan seolah-olah diwajibkan bekerja melalui media itu.

Perubahan paradigma yang sangat dramatis yang dirasakan oleh guru-guru, menyampaikan materi tidak melihat dan seperti apa sikap dan prilaku peserta didiknya, ini kenyataan yang seluruh dunia merasakan. Perbedaan yang sangat pundamental yang dirasakan oleh para guru, melalui perubahan-perubahan tata aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, pelatihan-pelatihan yang harus diikuti, sedikit-demi sedikit mengubah kebiasaan. Guru sebagai profesi Pendidik dan pengajar harus berpikir dan bersikap bijaksana. Banyak cara yang bisa diupayakan bagaimana untuk menyampaikan proses pengajaran kepada peserta didik di masa pandemi covid 19.

Baca Juga: Bentuk Pendidikan Karakter, Untirta Bentuk GNRM


Banyak media dan metode yang bisa menjadi alternative yang bisa dilakukan oleh guru dalam menyampaikan pengajaran di masa pandemi yang penting niat dan kemauan guru sehingga upaya-upaya itu akan muncul dan mengalir. Metode-metode yang bisa di gunakan oleh guru dalam proses pengajaran kepada peserta didik, antara lain : Project Based Learning, Daring Method, Luring Method, Home Visit Method, Integrated Curriculum dan Blended Learning.


Pada kesempatan ini penulis akan berbagi cerita tentang pengalaman mengajar di masa pandemi covid 19, penulis mencoba menggunakan metode Pembelajaran berbasis Proyek (Project Based Learning), dikutif dari Ai Sri Nurhayati dan Dwi Harianti, dalam (Afriana;2015); Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Pengalaman belajar peserta didik maupun konsep dibangun berdasarkan produk yang dihasilkan dalam proses pembelajaran berbasis proyek.

Baca Juga: Dimasa Pandemi, WH Pastikan Pendidikan Tak Terhenti

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Demokrasi Pancasila

Rabu, 1 Juni 2022 | 12:01 WIB

Demokrasi dan Populisme

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:34 WIB

Opini WTP versus Korupsi Banten

Jumat, 15 April 2022 | 19:03 WIB

Catatan Untuk Umrah Jamaah Indonesia Kini

Senin, 28 Februari 2022 | 13:20 WIB

Mitigasi Korupsi Dana Desa Melalui Program Desa Digital

Selasa, 22 Februari 2022 | 20:09 WIB

Menimbun Minyak Goreng

Senin, 21 Februari 2022 | 19:00 WIB

Orang Tua Paling Benar?

Minggu, 13 Februari 2022 | 10:30 WIB

Di Balik Layar IPO Saham BRIS (BSI, Tbk.)

Rabu, 2 Februari 2022 | 13:41 WIB

Riwayat Ibukota Turki dan Indonesia

Sabtu, 22 Januari 2022 | 19:26 WIB

Arteria Dahlan, Noda Hitam Rasisme Bahasa

Rabu, 19 Januari 2022 | 18:03 WIB
X