• Sabtu, 18 September 2021

Dampak Positif Pandemi Covid-19: Meningkatkan Kesadaran Berinvestasi Generasi Milenial di Pasar Modal

- Rabu, 15 September 2021 | 12:10 WIB
Brigair Taruna Akpol Kurnia Sobar Darmawan menulis tentang Dampak Positif Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kesadaran Berinvestasi Generasi Milenial di Pasar Modal  (Dok Pribadi)
Brigair Taruna Akpol Kurnia Sobar Darmawan menulis tentang Dampak Positif Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kesadaran Berinvestasi Generasi Milenial di Pasar Modal (Dok Pribadi)

Kondisi penuh tantangan selama pandemi Covid-19 membuka mata banyak orang tentang pentingnya literasi keuangan dan pengelolaan keuangan.

Studi McKinsey yang dilakukan pada Mei 2020 menemukan konsumen Indonesia sangat khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan pengeluarannya di tengah pandemi ini.

Bahkan, kekhawatiran konsumen di Indonesia jauh lebih tinggi dari konsumen di China dan India.

Baca Juga: Lagi Musibah Banjir, Warga Citra Gading Geger Kemunculan Ular Sanca Batik Sepanjang 2 Meter

Lebih jauh,studi tersebut menemukan, dari sekitar separuh dari konsumen yang memiliki kekhawatiran dengan pekerjaannya, hanya memiliki tabungan kurang dari empat bulan biaya hidup mereka.

Survei tersebut juga menunjukan bahwa, kekhawatiran yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 menjadikan konsumen semakin ingin mengenal manajemen dan risiko-risiko keuangan.

Pandemi Covid-19 ini tidak hanya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan keuangan, tetapi juga meningkatkan ekspektasi masyarakat tentang produk dan layanan yang dapat dihadirkan oleh institusi keuangan.

Baca Juga: Usai Banjir, Warga Kota Serang Diserbu Kecoa, Kalajengking, Hingga Ular Sanca 

Baik di tingkat individu sampai dengan pelaku usaha. Salah satu fenomena yang terjadi di tengah pandemi adalah meningkatnya partisipasi investor retail di pasar modal, di mana hingga 10 Desember 2020 pertumbuhan SID tercatat sebesar 48,82 persen.

Hal ini merupakan salah satu dampak positif dari pandemi Covid-19 di mana minat masyarakat untuk berinvestasi di saham semakin tinggi dan akan berkontribusi pada penguatan dan pertumbuhan pasar modal.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X