• Sabtu, 30 September 2023

150 Polisi Cilegon Dikerahkan, Klub Liga 3 Diminta Tidak Bawa Suporter atau Kompetisi Dibubarkan

- Rabu, 18 Januari 2023 | 07:15 WIB
anggota Polres Cilegon melakukan pengamanan Liga 3 Banten (Hendra bantenraya.com)
anggota Polres Cilegon melakukan pengamanan Liga 3 Banten (Hendra bantenraya.com)

BANTEN RAYA.COM - Polres Cilegon mengerahkan kisaran 150 anggota polisi untuk berjaga di Stadion Krakatau Steel, Kota Cilegon dalam rangka pengamanan untuk mengawal Liga 3 regional Banten. Bahkan area stadion juga dibersihkan dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan di Liga 3.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Cilegon Kompol Andi Suherman mengatakan, penjagaan yang dilakukan pihaknya untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti bentrok suporter atau lainnya.

“Kami tidak ingin ada kerusuhan atau kejadian yang negatif. Jadi kami kerahkan kisaran 150 personil kami untuk berjaga mulai dari pintu masuk stadion, di stadion dan sweping di sekitar area stadion. Anggota kita bagi merata,” ujarnya.

Baca Juga: Pekerja di Bawah 2 Tahun Diminta Hengkang, PT Nikomas Gemilang Digeruduk Ratusan Buruh

Penjagaan yang dilakukan ini dasarnya adalah Peraturan Polisi Nomor 10 tahun 2022 terkait pengamanan penyelenggaraan kompetisi olahraga. Setelah mendapatkan izin dari Polda Banten terkait kegiatan kompetisi Liga 3, maka Polres Cilegon melakukan pengamanan di Stadion Krakatau Steel yang menjadi lokasi bertanding Liga 3.

“Dasar kami Polda Banten telah mengeluarkan izin untuk melanjutkan Liga 3. Jika tidak ada surat dari Polda maka kami tidak melaksanakan pengamanan. Karena semua izin keamanan  sudah ada kami bertugas mengamankan Liga 3,” jelas dia.

Ia menambahkan penjagaan dilakukan di pintu masuk stadion. Bagi tim Liga 3, ofisial, Asprov PSSI Banten, wartawan diperbolehkan masuk ke stadion. Namun untuk suporter dan pihak lainnya yang tidak berkepentingan maka mereka harus berada di luar area stadion.

Baca Juga: Produksi Tinggi Tapi Banten Tak Bisa Ekspor Lobster dan Udang Segar Gara-Gara Tidak Punya Alat Ini

“Suporter tidak boleh masuk dan tidak boleh berada di stadion untuk menjaga hal yang tidak diinginkan. Bahkan saat klub peserta masuk stadion kami memberitahu tidak boleh membawa suporter,” tegasnya.

 Hal ini wajib dipatuhi oleh pihak klub. Sebab jika tim peserta membawa suporter yang dapat menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan maka izin keamanan akan dicabut dan pertandingan Liga 3 akan diberhentikan.

“Saya minta ini dipatuhi seluruh klub yang berlaga. Kami tidak main-main jika sampai ada yang membandel membawa suporter maka pertandingan akan kami hentikan. Mari jaga keamanan demi lancarnya Liga 3 Banten,” imbuh Andi.

Baca Juga: Ratusan ASN Kota Serang Pensiun, Yang Muda Siap-Siap Naik Jabatan, Ini Posisi yang Tersedia

Terkait jika ada suporter yang datang, maka pihaknya akan melakukan upaya persuatif dan melakukan pendekatan untuk meminta suporter tersebut tidak masuk stadion serta tidak berbuat tindakan negatif yang bisa mencoreng kompetisi olahraga. (***)   

  

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X