• Minggu, 5 Februari 2023

Buruh Ngotot Minta Kenaikan UMK 2023 Minimal 13 Persen, Kalau Tidak...

- Senin, 5 Desember 2022 | 21:08 WIB
Buruh menggelar aksi unjuk rasa di KP3B, Curug, Kota Serang, Senin, 5 Desember 2022. (tohir bantenraya.com)
Buruh menggelar aksi unjuk rasa di KP3B, Curug, Kota Serang, Senin, 5 Desember 2022. (tohir bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM -Serikat buruh yang ada di Provinsi Banten menuntut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk menyetujui usulan upah minimum kabupaten kota (UMK) yang diusulkan oleh Bupati atau Wali Kota. Buruh juga meminta ada kenaikan minimal 13 persen pada UMK 2023 dari UMK tahun 2022.

Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Provinsi Banten Intan Indria Dewi mengatakan, dia meminta agar Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menyetujui usulan UMK yang disampaikan oleh pemerintah kabupaten dan kota ke Pemprov Banten.

Sebab usulan itu, meski belum masuk dalam tataran ideal, sudah cukup mewadahi aspirasi buruh karena ada kenaikan upah dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga: KIB Masih Belum Umumkan Capres, Pengamat Menilai Kondisi Internal Masih dalam Kategori Wajar

"Tuntutan kenaikan UMK disesuaikan dengan rekomendasi Bupati Wali Kota," kata Dewi di sela unjuk rasa buruh di KP3B, Curug, Kota Serang, Senin, 5 Desember 2022.

Adapun rekomendasi kenaikan UMK 2023 kabupaten/ kota di Banten sebagaimana aspirasi buruh adalah Kota Tangerang naik 7,48 persen, Kota Cilegon 9,5 persen, Kabupaten Serang 6,59 persen, Kabupaten Tangerang 7,48 persen, Kota Tangsel 6,34 persen, Kota Serang 6,24 persen. Adapun rekomendasi UMK Kabupaten Lebak dan Pandeglang yaitu 3 juta.

"Sekurang-kurangnya kenaikan 13 persen bagi pekerja dengan masa kerja 1 tahun lebih itu aspirasi kita," katanya.

Baca Juga: Manfaat Retinol Bagi Kulit, Mencerahkan Hingga Anti Penuaan Dini, Lengkap dengan Efek Samping dan Cara Pakai

Dia mengatakan pada tahun sebelumnya usulan yang disampaikan oleh pemerintah kabupaten kota ke Pemprov Banten tidak diakomodir.

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terkam Empoli, Serigala AS Roma Tembus 3 Besar

Minggu, 5 Februari 2023 | 11:23 WIB
X