KIB Masih Belum Umumkan Capres, Pengamat Menilai Kondisi Internal Masih dalam Kategori Wajar

- Senin, 5 Desember 2022 | 19:45 WIB
Situasi pencapresan di tubuh KIB masih dinamis meski mereka lebih condong ke kader internal yakni Airlangga, kondisi itu dinilai masih wajar. (Instagram @airlanggahartarto_official)
Situasi pencapresan di tubuh KIB masih dinamis meski mereka lebih condong ke kader internal yakni Airlangga, kondisi itu dinilai masih wajar. (Instagram @airlanggahartarto_official)

BANTENRAYA.COM - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Ketum PAN Zulkifli Hasan mengatakan Ketum Golkar Airlangga Hartarto dinilai layak dan pantas untuk diprioritaskan maju sebagai calon presiden dari KIB

Kendati para ketum partau anggota KIB cenderung pada nama Airlangga, banyak di antara kader PAN dan PPP yang justru condong pada calon eksternal seperti Anies Baswedan ataupun Ganjar Pranowo. 

Baca Juga: Punya Bonus Demografi hingga 2035, Indonesia Butuh 9 Juta SDM di Bidang Digital

Analis politik dari Exposit Strategic, Arif Susanto, menilai dinamika pengajuan nama dalam KIB masih dalam kategori normal.

Menurutnya, masih ada cukup waktu untuk memastikan nama yang bakal diusung koalisi yang beranggotakan Golkar, PPP, dan PAN itu.

"Saya pikir masih normal saja. Perjalanannya masih agak panjang, masih sampai akhir depan," terangnya.

Baca Juga: Momen Langka Ji Chang Wook di Jakarta dari Jajan ke Indomaret hingga Berenang Pakai Ban Anak

Menurut Arif, dinamika yang muncul dalam pembahasan nama capres KIB dapat dinilai sebagai upaya untuk membangun posisi tawar.

Pertama, posisi tawar dari nama figur atau kandidat, seperti Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo. Selanjutnya adalah posisi tawar dari faksi yang mengajukan. 

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X