• Minggu, 5 Februari 2023

Semarakkan Hari Toleransi Internasional, Gusdurian Lebak Nobar Film Toleransi Lintas Agama

- Kamis, 1 Desember 2022 | 19:53 WIB
emarakkan Hari Toleransi Internasional Gusdurian Lebak Nobar Film Toleransi Lintas Agama, Kamis (1/12). (Finka Bantenraya.com)
emarakkan Hari Toleransi Internasional Gusdurian Lebak Nobar Film Toleransi Lintas Agama, Kamis (1/12). (Finka Bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM - Dalam menyemarakan Hari Toleransi Internasional, Komunitas Gusdurian Lebak gelar nonton bareng Film Toleransi di Aula Paroki Depan RS Misi Rangkasbitung.

Festival film toleransi ini menampilkan film berjudul Tiga Agama Tetap Bersama karya Fandi Akhmad dan Liyan Toleransi di Wonosobo karya Puguh Windrawan.

Koordinator Gusdurian Lebak Kholiyi menyampaikan kepada Banten Raya terkait dengan Festival Film Toleransi yang digelarnya antara Pemuda Islam bersama Pemuda Katolik dan Pemuda Protestan.

"Gusdurian Lebak berpedoman pada 9 nilai utama Gus Dur antara lain ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, kesatriaan, dan kearifan tradisi. Sehingga, kami Gusdurian Lebak merasa terpanggil untuk dapat bersinergis dengan pemuda lintas agama, khususnya dengan Protestan dan Katolik untuk menggelar Festival Film Toleransi," kata Kholiyi kepada bantenraya.com.

Baca Juga: Pemkab Lebak Raih 14 Penghargaan Bergengsi Sepanjang Tahun 2022

Kholiyi menjelaskan Gusdurian Lebak memiliki tujuan yang kuat dalam menggelar Festival Film Toleransi ini, tepatnya untuk mempersatukan ikatan-ikatan kemajemukan.

"Sesuai dengan konsep toleransi, maka itu mengajarkan pada kami semua, agar yang berbeda tidak mesti diseragamkan dan seragam tidak mesti dibedakan," jelas Kholiyi

Dalam pelaksanaannya yang digelar di Aula Paroki Rangkasbitung ini, Gusdurian Lebak sengaja menampilkan dua film dengan judul yang berbeda, agar makna toleransi ini dapat teresapi oleh semuanya.

"Kami ingin melalui Gusdurian Lebak dapat menstimulasi nilai-nilai toleransi dan keberagaman, terlebih kami ingin juga melaui aktivis lintas agama seperti Puguh dan Fandi Akhmad sesuai yang ditampilkan pada film tersebut, maka kami ingin sampaikan pesan toleransi dan keberagaman dalam bingkai NKRI," terang Kholiyi.

Baca Juga: Bupati Lebak Setujui Usulan UMK Kabupaten Lebak Naik 6,1 Persen

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terkam Empoli, Serigala AS Roma Tembus 3 Besar

Minggu, 5 Februari 2023 | 11:23 WIB
X