Siapa Pahlawan Nasional Pertama? Ini Sosoknya

- Minggu, 6 November 2022 | 08:11 WIB
Pahlawan Nasional, Abdul Muis (Istimewa)
Pahlawan Nasional, Abdul Muis (Istimewa)

 

BANTENRAYA.COM - Tanggal 10 November setiap tahunya diperingati sebagai Hari Pahlawan. Presiden biasanya menganugerahi gelar pahlawan terhadap tokoh perjuangan.

Lantas siapa tokoh pertama di Indonesia yang dianugerahi gelar pahlawan nasional? Dia adalah Abdul Muis seorang sastrawan, politikus, dan wartawan Indonesia.

Abdul Muis merupakan orang pertama yang dianugerahi gelar pahlawan oleh Presiden Republik Indonesia Soekarno pada 30 Agustus 1959.

Dikutip Bantenraya.com dari berbagai sumber, Abdul Muis adalah pria asal Sungai Puar, Agam, Sumatera Barat. Dia merupakan pengurus besar Sarekat Islam.

Pria kelahiran 3 Juli 1886 dan wafat pada 17 Juni 1959 itu pernah menjadi anggota Volksraad mewakili pengurus besar Sarekat Islam.

Baca Juga: Ternyata ini Link Video Wanita Kebaya Merah yang Viral, dan Berhentilah Penasaran

Abdul Muis adalah putra Datuk Tumangguang Sutan Sulaiman. Ayahnya merupakan seorang demang yang keras menentang kebijakan Belanda di dataran tinggi Agam.

Selesai dari ELS, Abdul Muis melanjutkan pendidikannya ke Stovia (sekolah kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), Jakarta.

Abduk Muis memulai kariernya sebagai klerk di Departemen Onderwijs en Eredienst atas bantuan Mr. Abendanon yang saat itu menjabat sebagai Direktur Pendidikan. 

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X