Dikupas Mantan Menkes, Kemenkes Kekeuh Vaksin Covid-19 Bukan Penyebab Kasus Gagal Ginjal Merebak

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 20:42 WIB
Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril membantah jika kasus gagal ginjal disebabkan oleh vaksin Covid-19. (Kemkes.go.id)
Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril membantah jika kasus gagal ginjal disebabkan oleh vaksin Covid-19. (Kemkes.go.id)

BANTENRAYA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menanggapi pernyataan mantan Menkes Siti Fadilah Supari soal kasus gagal ginjal yang merebak belakangan ini.

Mantan Menkes itu mengatakan bahwa sangat mungkin vaksin Covid-19 berhubungan dengan gagal ginjal akut yang merenggut lebih dari 100 nyawa anak-anak di Indonesia.

Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril mengatakan, Kemenkes meyakini penyakit gagal ginjal akut yang terjadi pada anak-anak tidak ada kaitannya dengan vaksinasi maupun infeksi Covid-19.

Baca Juga: 3 Faktor yang Harus Dibenahi untuk Dongkrak Elektabilitas Parpol KIB

"Pada saat penelitian bersama IDAI kemudian ahli toksikologi, epidemilogi, salah satu yang diperiksa terkait kejadian gagal ginjal akut adalah infeksi. Termasuk infeksi Covid," katanya melalui keterangan pers, Kamis, 27 Oktober 2022

"Dari data dan pemeriksaan yang kita lakukan semuanya menyingkirkan dugaan yang disebabkan oleh Covid maupun long Covid," imbuhnya.

Menurutnya, pada Balita penderita gagal ginjal akut tidak didapati satupun yang pernah terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: Bongkar Rahasia Memenangkan Pilkada 2022, Ini Kata Walikota Cilegon Helldy Agustian di Hadapan Panwascam

"Tidak ada korelasi (antara gagal ginjal dan Covid) setelah kita melakukan kajian lebih dalam terhadap kasus-kasus gagal ginjal yang kita teliti," ujar Mohammad Syahril.

Pernyataan itu seolah menolak pendapat Siti Fadilah Supari yang diungkapkan dalam kanal YouTube Siti Fadilah Supari Channel tertanggal 25 Oktober 2022.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kedepankan Konfirmasi Agar Berita Berimbang

Rabu, 8 Februari 2023 | 21:03 WIB

Walikota Syafrudin Jalani Sidang Disertasi Doktor

Rabu, 8 Februari 2023 | 20:40 WIB

Bupati Irna: Pers Bagian Dari Kehidupan Saya

Rabu, 8 Februari 2023 | 17:48 WIB
X