Dicari, Calon Orang Tua Angkat untuk Bayi yang Ditemukan di Pasireurih Lebak

- Senin, 3 Oktober 2022 | 20:24 WIB
Bayi mungil yang ditemukan di wilayah lebak dalam perawatan tim Dinsos Lebak (Finka SA/Bantenraya)
Bayi mungil yang ditemukan di wilayah lebak dalam perawatan tim Dinsos Lebak (Finka SA/Bantenraya)

BANTEN RAYA - Dinas Sosial Kabupaten Lebak membuka pendaftaran bagi masyarakat umum untuk menjadi calon orang tua angkat (COTA) calon anak angkat (CAA) seorang bayi yang ditemukan di Kampung Pasireurih Cimarga Lebak pada 1 September 2022 lalu.

Berdasarkan informasi dari Dinas Sosial Lebak, bayi yang ditemukan dan kini ada di Dinsos berjenis kelamin laki-laki.

Pekerja Sosial Dinas Sosial Lebak Guruh Hardiansyah menyampaikan, ada beberapa tahapan yang perlu ditempuh oleh individu atau keluarga yang ingin jadi COTA untuk CAA bayi tersebut.

"Dinsos Lebak selama ini bekerja sama dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial Uswah Hasanah Perwira BTN Pepabri Narimbang untuk dapat mengurusi COTA untuk CAA bayi tersebut. Ada persyaratan yang perlu ditempuh oleh individu atau keluarga yang berminat jadi COTA," kata Guruh Hardiansyah.

Baca Juga: Levi’s Music Project 2022 Akses Eksklusif untuk Para Calon Musisi Melalui Aplikasi Discord

Proses COTA untuk CAA tersebut mengacu pada UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dan Peraturan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Nomor 2 tahun 2012 tentang Pedoman Teknis Prosedur Pengangkatan Anak. “Dengan legal standing tersebut, maka kami dari Pekerja Sosial bagian rehabilitasi sosial akan melakukan proses pendaftaran COTA untuk CAA bayi itu," tambah Guruh Hardiansyah.

Kata Guruh, bagi individu atau keluarga yang berminat untuk jadi COTA untuk CAA bayi tersebut  mulai 3 Oktober sampai 7 Oktober 2022 bisa mendafatar. Tanggal 10 Oktober sampai 11 Oktober 2022 verifikasi berkas, 13 Oktober sampai 18 Oktober 2022 home visit COTA, 19 Oktober 2022 pleno keputusan COTA, dan tanggal 21 Oktober 2022 penyerahan bayi dari lembaga ke COTA (pengasuhan sementara).

Baca Juga: Pemkot Serang Minta ASN dan Masyarakat Kota Serang Tanamkan Ajaran Pancasila

"Sejauh ini sudah ada yang menghubungi pihak Dinsos Lebak untuk individu atau keluarga yang berminat jadi COTA untuk CAA bayi tersebut. Kami persilakan agar mendaftar dan ikuti tahapannya," ungkap Guruh. (mg-finka)***

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TV Lokal di Banten Terancam Mati Mulai 1 Januari 2023

Kamis, 1 Desember 2022 | 21:37 WIB

Kuil Yang Ada di Thailand Koq Kosong, Kenapa ya?

Kamis, 1 Desember 2022 | 20:21 WIB

Peduli Pemuda, Bupati Serang Raih AKMY Award 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 20:01 WIB
X