• Rabu, 30 November 2022

Semalam, Lebak Selatan Digoyang 2 Kali Gempa

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 21:43 WIB
Frekuensi gempa bumi di Banten dalam sepekan terakhir mengalami peningkatan berdasarkan rekapitulasi data BMKG. (pixabay/tumisu)
Frekuensi gempa bumi di Banten dalam sepekan terakhir mengalami peningkatan berdasarkan rekapitulasi data BMKG. (pixabay/tumisu)

BANTENRAYA – Wilayah Kabupaten Lebak Selatan diguncang dua kali gempa pada Minggu 2 Oktober 2022 dini hari. Gempa pertama berkekuatan 4,3 magnitudo berada di 6.95 LS–105.98 BT 17 KM Tenggara Muara Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak dengan titik kedalaman 7 Kilometer di bawah laut.

Gempa kedua  dirasakan warga jam 04 WIB. Menurut BMKG, gempa susulan dengan kekuatan M 4,2 terjadi dengan pusat gempa yang berada di kordinat lok 6.92 LS – 106.19 BT 7 KM Barat Laut Kecamatan Bayah dengan titik kedalaman 114 KM di bawah laut.

Salah satu warga Kecamatan Panggarangan, Akmal, mengaku merasakan getaran gempa tersebut namun tidak begitu besar. "Semalam saya lagi ngobrol dengan warga di Posronda, namun waktu lagi asik ngobrol tiba-tiba kerasa ada gempa gitu. Cuma biasa aja gak kenceng getarannya," kata Akmal, Minggu 2 Oktober 2022.

Baca Juga: Ulama di Kabupaten Serang Siap Turun Gunung Menangkan Airin

Setelah merasakan adanya guncangan gempa yang terjadi, Akmal dan warga sekitar lainnya kemudian pulang ke rumah masing-masing untuk memeriksa anggota keluarga dan kondisi sekitar. "Alhamdulillah gak ada yang rusak dan istri sama anak juga tidak bangun. Mungkin tidak terlalu kerasa," tambah Akmal.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Lebak yaitu Febby Rizki Pratama mengonfirmasi bahwa memang benar adanya kedua kejadian gempa. Ia juga telah mengerahkan tim relawan ketika ada laporan gempa di dua kecamatan itu untuk meninjau lokasi secara langsung.

"Relawan kami masih melakukan pengumpulan informasi di lapangan untuk mengetahui kondisi terkini disana," ungkap Febby Rizki Pratama.

Febby juga menyebut sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan adanya laporan kerusakan dampak dari gempa itu. Pihaknya tetap mengimbau kepada warga Lebak untuk tetap waspada akan adanya potensi bencana alam, karena Kabupaten Lebak sendiri masuk daerah rawan bencana alam.

Baca Juga: Demokrat Cilegon Jaring Bacaleg Sebanyak-banyaknya, Kembalikan Kemenangan Pileg 2009 Silam

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan yang disebabkan oleh gempa tersebut,” jelasnya. (mg-finka)**

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandeglang Bawa Pulang 128 Medali Dari Porprov VI Banten

Selasa, 29 November 2022 | 20:11 WIB
X