• Jumat, 2 Desember 2022

500 Peserta Dewan Pengawas Syariah Hadiri Workshop Pra Ijtima Sanawi

- Kamis, 29 September 2022 | 09:19 WIB
DPS Asuransi, reasuransi, dan pensiun syariah sedang menyimak penjelasan mengenai fatwa baru DSN-MUI terkait asuransi syariah pada 23 September 2022  (Foto: Istimewa)
DPS Asuransi, reasuransi, dan pensiun syariah sedang menyimak penjelasan mengenai fatwa baru DSN-MUI terkait asuransi syariah pada 23 September 2022 (Foto: Istimewa)

BANTENRAYA.COM - Tidak kurang dari 500 Dewan Pengawas Syariah (DPS) se-Indonesia dari Lembaga Keuangan Syariah (LKS), Lembaga Bisnis Syariah (LBS) dan Lembaga Perekonomian Syariah (LPS) menghadiri workshop Pra-Ijtima’ Sanawi yang berlangsung 21-28 September 2022 di Jakarta.

Selain DPS, Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM) juga hadir sebagai peserta pada forum tahunan dalam rangka sosialisasi Fatwa Dewan Syariah Nasional- Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dan regulasi terbaru terkait keuangan dan bisnis syariah itu, di samping untuk membahas persoalan yang sering muncul dalam pengawasan syariah di LKS/LBS/LPS.

Pada acara Pra Ijtima’ tersebut hadir Dewan Pimpinan Pusat MUI seperti Wakil Ketua Umum MUI Dr. Buya Anwar Abbas dan Dr. KH Marsudi Syuhud; Ketua MUI Bidang Halal dan Syariah KH Sholahudin Al Aiyub, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Dr. KH. Cholil Nafis, dan Sekjend MUI Dr. Buya Amirsyah Tambunan.

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Sholat Dhuha Dilaksanakan? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Sementara itu pembicara dari regulator antara lain dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi, Otoritas Jasa Keuangan, dan Bank Indonesia dalam forum ini menyampaikan regulasi-regulasi terbaru terkait LKS/LBS/LPS.

Sekretaris Badan Pelaksana Harian (BPH) DSN-MUI Prof. Dr. Jaih Mubarok mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pimpinan Pusat MUI yang berkenan membuka acara dan menyampaikan amanahnya dalam forum tersebut sebagai bekal yang sangat berharga bagi para DPS/ASPM

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber dari regulator yang memberikan informasi regulasi terbaru terkait DPS/ASPM,” kata Prof. Dr. Jaih Mubarok.

Ia juga menjelaskan, dari acara Workshop Pra Ijtima Sanawi DPS LKS/LBS/LPS terdapat beberapa kesimpulan yang diberi nama “Resolusi Matraman” antara lain berisi:

Baca Juga: Simak! 6 Buah ini Paling Cocok Dikomsumsi di Pagi Hingga Siang Hari

Pertama, secara internal DSN-MUI perlu terus melakukan penataan organisasi dan  peningkatan kompetensi agar fatwa-fatwa yang disahkan mampu memberikan solusi makhaharij Fiqhiyyah terhadap apa saja yang dibutuhkan dalam pengembangan ekonomi, keuangan dan bisnis syariah.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPID Banten Ajak Masyarakat Ikut Awasi Isi Siaran

Jumat, 2 Desember 2022 | 17:29 WIB

Harga Tomat Naik Hampir 3 Kali Lipat

Jumat, 2 Desember 2022 | 17:23 WIB
X