• Rabu, 30 November 2022

Mengintip Jejak Siswa Titipan di Provinsi Banten

- Selasa, 27 September 2022 | 16:50 WIB
Kondisi ruang belajar di SMAN 13 Kabupaten Tangerang. (DARJAT NURYADIN / BANTEN RAYA  )
Kondisi ruang belajar di SMAN 13 Kabupaten Tangerang. (DARJAT NURYADIN / BANTEN RAYA )

BANTENRAYA.COM - Kasus titip menitip siswa baru seolah sudah lumrah terjadi setiap tahun ajaran baru, seperti halnya terjadi di wilayah Provinsi Banten. Tercatat ada ratusan pelajar titipan di tingkat SMA dan SMK sederajat di tahun 2022 ini.

Dalam penelusuran tim yang tergabung dalam Klub Jurnalis Investigasi (KJI) Banten, di beberapa sekolah di wilayah Kota Serang dan Kabupaten Tangerang praktik pelajar titipan terjadi di SMAN 3 Kota Serang, SMKN 5 Kota Serang dan SMAN 13 Kabupaten Tangerang.

Berdasarkan data yang diperoleh tim secara lengkap, nama pelajar dan oknum penitip, di SMAN 3 Kota Serang ada sebanyak 144 pelajar titipan, SMKN 5 Kota Serang 92 pelajar, SMAN 13 Kabupaten Tangerang 332 pelajar, dan dimungkinkan masih ada pelajar titipan di sekolah lainnya di wilayah Provinsi Banten.

Baca Juga: Setelah Isu Retak, Helldy dan Sanuji Kini Putuskan Pisah Kantor dan Gedung

Pelajar titipan ini berasal dari anggota DPRD Banten, DPRD kabupaten/kota, kepolisian, TNI, dinas pendidikan, camat, lurah atau kepala desa (Kades), lembaga swadaya masyarakat, hingga wartawan.

Beberapa nama yang didapat oleh tim KJI Banten untuk siswa titipan, diantaranya, M Nawa Said Dimyati anggota DPRD Provinsi Banten, Rijcki Gilang Sumantri anggota DPRD Kabupaten Tangerang, Abudin Camat Sindang Jaya, dan beberapa orang lainnya yang telah terkonfirmasi oleh tim.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Banten Nomor 7 Tahun 22 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada SMAN SMKN dan Sekolah Khusus Negeri di Provinsi Banten, penerimaan peserta didik menjadi kewenangan kepala sekolah, bukan kepala dinas pendidikan ataupun kepala cabang dinas (KCD). Hal inilah yang menjadi celah untuk menerima titipan di luar PPDB online resmi.

Baca Juga: Kini Jadi Lubang Raksasa, Penambangan di Gunung Pinang Diduga Ilegal

Padahal, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK, dijelaskan bahwa PPDB dilakukan melalui empat jalur yaitu zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan jalur prestasi.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandeglang Bawa Pulang 128 Medali Dari Porprov VI Banten

Selasa, 29 November 2022 | 20:11 WIB
X