Penjelasan BPOM RI Soal Penarikan Produk Kecap Manis dan Saus Sambal Ayam Goreng Asal Indonesia di Singapura

- Jumat, 9 September 2022 | 15:55 WIB
Kecap Manis ABC dan Saus Sambal Ayam Goreng ABC, produk makanan yang ditarik oleh SFA Singapura karena alergen yang tidak disebutkan. (Foto: SFA)
Kecap Manis ABC dan Saus Sambal Ayam Goreng ABC, produk makanan yang ditarik oleh SFA Singapura karena alergen yang tidak disebutkan. (Foto: SFA)

BANTENRAYA.COM - BPOM RI mengeluarkan penjelasan soal kasus penarikan produk kecap manis dan saus sambal ayam goreng dengan merek ABC di Singapura.

Sehubungan dengan adanya informasi di laman resmi Otoritas Keamanan Pangan Singapura, Singapore Food Agency atau SFA, BPOM RI menyampaikan informasi sebagai berikut:

Berdasarkan informasi dari SFA, terdapat 2 produk asal Indonesia yaitu ABC sweet soy sauce dan ABC sambal ayam goreng sauce yang ditarik dari peredaran karena tidak mencantumkan informasi alergen sulfit dan Bahan Tambahan Pangan atau BTP pengawet benzoat pada label produk.

Baca Juga: Preman Pensiun 6 Episode 18, 9 September 2022: Sinopsis dan Link Streaming Aman Untuk di Tonton

SFA juga menyatakan, keberadaan sulfit sebagai alergen tidak menimbulkan isu keamanan pangan pada konsumen secara umum, kecuali yang memiliki riwayat alergi.

Produk temuan SFA tersebut berlabel bahasa Indonesia, yang ditutup dengan label berbahasa Inggris dengan informasi yang tidak lengkap, termasuk tidak mencantumkan informasi alergen sulfit dan penggunaan BTP pengawet benzoat. Produk diekspor oleh eksportir yang tidak terkait langsung dengan PT Heinz ABC Indonesia sebagai produsen.

Kedua produk tersebut tidak diekspor menggunakan Surat Keterangan Ekspor (SKE) BPOM karena SFA tidak mewajibkan SKE baik berupa Health Certificate atau Certificate of Free Sale untuk setiap pemasukan produk pangan ke Singapura.

Baca Juga: Gawat! Raffi Ahmad dan Andre Taulany Dilaporkan ke Polisi, Ini Sosok yang Melaporkannya

Tidak terdapat perbedaan regulasi di Indonesia maupun Singapura terkait pencantuman informasi alergen sulfit dan BTP pengawet benzoat pada produk kecap manis dan saus sambal.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Singo Edan Kehilangan Taringnya Didepan Juku Eja

Sabtu, 4 Februari 2023 | 18:50 WIB
X