• Minggu, 2 Oktober 2022

Ratusan Siswa SMPN 2 Cilegon Tunaikan Rukun dan Wajib Haji, Melakukan Wukuf Hingga Sai

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:38 WIB
Ratusan Siswa SMPN 2 Cilegon Tunaikan Rukun dan Wajib Haji, Lakukan Wukuf Hingga Sai  (Uri bantenraya.com)
Ratusan Siswa SMPN 2 Cilegon Tunaikan Rukun dan Wajib Haji, Lakukan Wukuf Hingga Sai (Uri bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM – Ratusan Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri atau SMPN 2 Cilegon menunaikan rukun haji mulai dari Wukuf hingga Sai di Safa dan Marwah.

Para siswa SMPN 2 Cilegon tersebut melaksanakan rukun dan wajib haji sendiri dalam acara manasik haji yang digelar pihak sekolah di halaman SMPN 2 Cilegon pada Jumat 19 Agustus 2022.

Dimana tujuan adanya pelaksanaan tersebut agar siswa memahami tentang urutan ibadah haji, bacaan serta berbagai hal dalam ibadah rukun Islam tersebut.

Kepala SMPN 2 Cilegon Nurhayati menyampaikan, praktik atau manasik haji tersebut minimal memberikan pemahaman soal rukun, wajib dan sunah haji.

Baca Juga: CCTV Jadi Bukti Keterlibatan Putri Chandrawathi di Kasus Pembunuhan Brigadir J

Sebab, banyak sekali tahapan yang dilakukan mulai dari Wukuf hingga nanti berakhir pada Sai di Safa dan Marwah.

“Minimal siswa dapat pemahaman ibadah haji. Banyak sekali tahapan mulai dari Wukuf di Arafah menuju ke Muzdalifah, terus menuju minah melakukan lempar jumrah aqobah, setelah salat subuh melempar jumrah ula, wusta dan aqabah pada 11 sampai 13 Dzulhijjah dan mengambil daftar awalan," katanya.

“Lalu menuju kabah untuk melaksanakn tawaf ifadah, meminum air zamzam, melakukan sai safa dan marwah, tahallul dan selesai rangkaian ibadah haji setelah melakukan sai,” ucapnya.

Disisi lain, papar Nurhayati, dengan manasik tersebut juga mendorong para siswa untuk mulai mempersiapkan sejak awal ibadah haji. Hal itu mengingat ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan ongkos mahal dan daftar tunggu yang cukup panjang 15 sampai 20 tahun.

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Insan Pers Berperan Kawal Pemilu Berintegritas

Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:58 WIB
X