• Minggu, 2 Oktober 2022

Pengamat Lihat KIB Ingin Bangun Koalisi Besar untuk Stabilitas Pemerintah

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 19:00 WIB
Pengamat memberikan pandangannya terkait keinginan parpol di KIB yang ingin membangun koalisi besar untuk menghadapi Pilpres 2024. (Instagram @golkar.indonesia)
Pengamat memberikan pandangannya terkait keinginan parpol di KIB yang ingin membangun koalisi besar untuk menghadapi Pilpres 2024. (Instagram @golkar.indonesia)

BANTENRAYA.COM - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menanggapi Partai Demokrat yang mengungkapkan butuh koalisi besar untuk memenangkan Pemilu 2024 dan menjalankan pemerintahan.

PAN, sebagai salah satu anggota KIB, menyetujui wacana koalisi besar dan mengajak Demokrat untuk bergabung bersama KIB dengan Golkar dan PPP.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai koalisi gemuk yang diinginkan KIB adalah suatu hal yang wajar meninggat KIB butuh masih dukungan dari partai lain. 

Baca Juga: CCTV Jadi Bukti Keterlibatan Putri Chandrawathi di Kasus Pembunuhan Brigadir J

"Saya melihatnya jika KIB ingin memperbanyak atau menambah koalisi dari partai-partai politik yang lain, maka itu hal yang wajar," ujar Ujang.

"Karena bagaimanapun KIB itu butuh support atau dukungan dari partai-partai yang lain," katanya.

Menurutnya, koalisi besar mempunyai kelebihan dalam menghadapi pertarungan Pilpres 2024.

Baca Juga: Masa Pendaftaran Seleksi Kepala Ombudsman Banten Diperpanjang, Ini Alasannya

Selain menguntungkan bagi untuk tujuan pemenangan pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres), koalisi besar juga bermanfaat dalam menjalankan roda pemerintahan ketika kelak koalisi berhasil menang.

"Karena jika nanti bertarung di Pilpres 2024 dan kemudian menang, artinya kan butuh koalisi besar. Butuh pengamanan begitu ya dari partai-partai koalisi yang ada dalam konteks di pemerintahan maupun di parlemen," katanya.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Insan Pers Berperan Kawal Pemilu Berintegritas

Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:58 WIB
X