• Rabu, 28 September 2022

Kabupaten Pandeglang Zero Case Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) jadi Kado Terindah HUT RI ke 77

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:35 WIB
Petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pandeglang memberikan vaksinasi hewan ternak (Dok Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pandeglang)
Petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pandeglang memberikan vaksinasi hewan ternak (Dok Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pandeglang)

BANTENRAYA.COM – Kabupaten Pandeglang menjadi daerah yang zero case Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan menjadi Kado Terindah HUT RI ke 77

Ketua Satuan Tugas PMK atau penyakit mulut dan kuku Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat menyatakan, tidak munculnya kasus PMK patut diapresiasi. “Satgas Penanganan PMK secara massif dan bahu membahu melakukan pengendalian dan penanganan PMK pada ternak sapi, kerbau, kambing dan domba di Kabupaten Pandeglang. Satgas melakukan langkah-langkah nyata dalam menekan, mengendalikan dan menangani PMK,” bebernya, Selasa 15 Agustus 2022.

“Alhamdulillah sampai hari ini Selasa tgl 16 Agustus 2022 tidak ada kasus PMK yang ditemui,” sambungnya.

Baca Juga: Hujan Pantun di Riung Mungpulung Peringatan HUT RI di Pemkot Cilegon, Simak Pantun Lucu dari Walikota Helldy

Diketahui terdapat 28 ekor ternak sapi dan kerbau tertular PMK, observasi intensif dilakukan dengan peningkatan biosecurity, pemberian vitamin antibiotik dan herbal dan pada akhir Juli 2022 kasus teratasi dengan 23 ekor sembuh dan 5 ekor dipotong.

Sejak pertengahan Juli hingga hari ini beberapa langkah konkrit penanganan PMK seperti peningkatan biosecurity, peningkatan imun tubuh ternak, vaksinasi oleh tim medik paramedik veteriner, serta terus memberikan KIE kepada peternak dan masyarakat luas tentang wabah PMK terus dilakukan.

“Kerjasama yang baik antar dinas terkait, TNI Polri, kecamatan dan PPL di lapangan berhasil menekan penyebaran PMK antar kecamatan,” tandas Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pandeglang Dr Nasir.

Baca Juga: Profil Seali Syah Istri Brigjen Hendra Kurniawan yang Dicopot Kapolri, Pantas Dijadikan Istri, Ternnyata ...


Berdasarkan ATAP 2021 data populasi ternak rentan sebanyak 448.736 ekor, terdiri dari 926 ekor sapi, 13.400 ekor kerbau, 225.410 ekor kambing dan 209.000 ekor domba.

Ini harus aman, lalin ternak terutama pembelian ternak dari luar Pandeglang harus terawasi, terdata.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X