• Rabu, 28 September 2022

Syarat Terbaru Penyeberangan Merak, Belum Vaksin Booster Wajib Tes PCR

- Senin, 15 Agustus 2022 | 22:45 WIB
Kondisi penyeberangan pelabuhan Merak belum lama ini (Gillang bantenraya.com)
Kondisi penyeberangan pelabuhan Merak belum lama ini (Gillang bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM - Pengguna jasa penyeberangan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni tidak bisa sembarangan dalam menaikki kapal. 

Pasalnya, di tengah pandemi covid 19 yang masih berlangsung, pemerintah kembali memerketat protokol kesehatan.

Aturan terbaru yaitu Surat Edaran atau SE Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid 19 yang diterbitkan Kementerian Perhubungan RI. 

SE ini terbit menyesuaikan dengan terbitnya SE Satgas Penanganan Covid 19 Nomor 23 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada masa pandemi Covid 19 yang diterbitkan pada 11 Agustus 2022.

Baca Juga: Warga Taman Baru Cilegon Tangkap Ular King Kobra di Halaman Rumahnya, Kepalanya Bisa Mengembang

Keempat SE Kemenhub tersebut yakni: SE Nomor 77 untuk transportasi udara, SE Nomor 78 untuk transportasi laut, SE Nomor 79 untuk transportasi darat, dan SE Nomor 80 untuk transportasi kereta api. 

“SE ini mulai efektif berlaku pada 11 Agustus 2022,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, Senin, 15 Agustus 2022 melalui press rilis yang diterima Bantenraya.com.

Adapun sejumlah perubahan ketentuan syarat perjalanan dalam negeri yang tertuang dalam SE tersebut yakni kewajiban pelaku perjalanan dalam negeri atau PPDN untuk melakukan tes PCR 3 x 24 jam yang sampelnya diambil dalam kurun waktu sebelum keberangkatan, jika belum mendapatkan vaksinasi dosis ketiga. 

“Jadi pelaku perjalanan yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama atau kedua wajib menunjukkan hasil negatif tes RT PCR,” ucap Adita.

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X