• Minggu, 2 Oktober 2022

Birokrasi Kerap Dimanfaatkan Jadi Alat Politik oleh Kepala Daerah Petahana di Banten

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:28 WIB
Birokrasi di Banten kerap dimanfaatkan jadi alat politik oleh kepala daerah petahana dan kedekatan mereka bukan berdasarkan prestasi tapi kedekatan personal. (Heru Wahyudi)
Birokrasi di Banten kerap dimanfaatkan jadi alat politik oleh kepala daerah petahana dan kedekatan mereka bukan berdasarkan prestasi tapi kedekatan personal. (Heru Wahyudi)

BANTENRAYA.COM – Birokrasi di Banten kerap dijadikan sebagai alat politik kepala daerah petahana (incumbent) di Provinsi Banten.

Hal ini kerap terjadi ketika musim pemilihan kepala daerah atau pilkada.

Demikian kesimpulan dari penelitian untuk Semester Genap 2021/ 2022 yang dilakukan 2 dosen Prodi Administrasi Negara FISIP Universitas Sutomo yaitu Heru Wahyudi dan Zakaria Habib Al-Ra'zie saat seminar hasil penelitian bertema

"Birokrasi Sebagai Instrumen Politik Petahana" yang digelar di ruang seminar Universitas Sutomo di Kota Serang, Banten, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Baca Juga: Apa Arti Senyum Apple Cheeks? Begini Penjelasan dan Cara Memilikinya

"Penelitian ini mengambil tempat di dua lokasi yakni Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, dan Provinsi Banten," ujar Zakaria.

Dijelaskan Zakaria, dua lokasi terebut dipilih untuk melihat perbandingan pola kerja birokrasi dalam hubungannya dengan Kepala Daerah dalam konteks Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Dari penelitian ini ditemukan kesamaan antara kasus politisasi birokrasi di Lebong dan Banten, yakni birokrasi menjadi alat politik yang populer untuk dimanfaatkan petahana guna mempertahankan dan memperluas kekuasaan.

Pola hubungan yang terbangun bukan berdasarkan profesionalisme dan prestasi kerja, melainkan cenderung pada hubungan patrimonial atau hubungan personal.

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan ASN di Lebak Mendaftar Panwascam

Minggu, 2 Oktober 2022 | 21:46 WIB

Semalam, Lebak Selatan Digoyang 2 Kali Gempa

Minggu, 2 Oktober 2022 | 21:43 WIB

Jembatan Gantung di Kabupaten Serang Membahayakan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 21:29 WIB

KPK Ajak Kiai, Ulama dan Santri Berantas Korupsi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 21:26 WIB
X