• Selasa, 27 September 2022

UGM Berikan Pelatihana pertolongan dasar apabila ada seseorang ataupun wisatawan yang mengalami henti nafas

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:21 WIB
Suasana pelatihan KKN UGM di Desa Tanjungjaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Sabtu 1 Agustus 2022 (dok humas Pemkab Pandeglang)
Suasana pelatihan KKN UGM di Desa Tanjungjaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Sabtu 1 Agustus 2022 (dok humas Pemkab Pandeglang)

BANTENRAYA.COM- Universitas Gadjah Mada  atau UGM  memberikan pelatihana pertolongan dasar apabila ada seseorang ataupun wisatawan yang mengalami henti nafas di desa Tanjungjaya Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Sabtu 13 Agustus 2022.

Pelatihan ini diberikan oleh tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) UGM yang menjadikan Pandeglang sebabagi salah satu lokus  kegiatan. 

Dosen Pembimbing KKN Universitas Gadjah Mada Mayu Rinnie Rachmawati mengatakan kegiatan pelatihan untuk  mendukung sektor pariwisata yakni bagaimana tata cara memberikan pertolongan dasar apabila ada seseorang ataupun wisatawan yang mengalami henti nafas.

"Kami melibatkan beberapa dokter ahli dari UGM untuk pelatihan ini, supaya masyarakat disini faham betul apa yang harus dilakukan apabila seseorang yang mengalami henti nafas, baik itu secara mendadak maupun karena tenggelam, " ucapnya.

Baca Juga: Contoh Puisi Hari Pramuka 2022 Tentang Kacu Merah Putih, Membakar Semangat

"Pelatihan ini tentu saja sangat penting bagi masyarakat, apalagi kawasan Panimbang ini merupakan salah satu kawasan wisata, tentu saja masyarakatnya harus memiliki sumber daya yang unggul, sehingga faham betul apa yang harus dilakukan apabila ada seseorang yang mengalami henti nafas, "ujarnya.

Sementara itu, Camat Panimbang Kosasih mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah menggelar kegiatan pelatihan.

"Pelatihan ini tentu saja memberikan wawasan dan pemahaman kepada masyarakat kami, sehingga masyarakat mengerti apa yang harus dilakukan apabila terjadi henti nafas baik terhadap warga maupun wisatawan, "pungkasnya. ***

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X