• Rabu, 30 November 2022

Bagaimana Perspektif NU terhadap Hukuman Mati yang Menjerat Ferdy Sambo

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:18 WIB
Bagaimana hukuman mati dalam Islam seperti yang menjerat mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang jadi tersangka kasus kematian Brigadir J dari perspekstif NU. (Twitter/@Swywiy)
Bagaimana hukuman mati dalam Islam seperti yang menjerat mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang jadi tersangka kasus kematian Brigadir J dari perspekstif NU. (Twitter/@Swywiy)

BANTENRAYA.COM ‐ Perspektif Fiqih Ulama NU terhadap ancaman hukuman mati telah dibahas dalam Muktamar NU Ke-33 di Jombang pada 1-6 Agustus 2015 lalu.

Baru-baru ini, ancaman hukuman mati menjerat mantan Kadiv Propam Polro Irjen Ferdy Sambo terkait kasus kematin Brigadir J.

Ancaman hukuman mati terungkap terungkap setelah Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka dalam konferensi pers yang digelar di Mabes Polri pada Selasa 9 Agustus 2022.

Baca Juga: Rengkuh UEFA Super Cup, Real Madrid Samai Torehan AC Milan dan Barcelona

Ferdy Sambo menjadi etrsangka keempat dalam kematian Brigadir J setelah Bharada E, Bripka RR dan KM.

Adapun peran Ferdy Sambo adalah yang memerintahkan Bharada E untuk menembak Bharada E yang dimana dalam pelaksanaannya disaksikan RR dan KM.

Atas perbuatannya, Ferdy Sambo dijerat Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 jo 55 dan 56 KUHP.

Baca Juga: Peringkat Untirta yang Viral Gara-gara Ospek Calon Maba Dibanding Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

Dengan sangkaan pasal tersebut maka Ferdy Sambo terancam hukuman mati, penjara seumur hidup atau penjara selama-lamanya 20 tahun.

Lalu bagaimana pandangan Islam terkait hukuman mati? Dikutip Bantenraya.com dari Jatim.nu.or.id, hukuman mati dalam Islam tenti telah diatur sedemikian rupa.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Sumber: Jatim.nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandeglang Bawa Pulang 128 Medali Dari Porprov VI Banten

Selasa, 29 November 2022 | 20:11 WIB
X