• Rabu, 7 Desember 2022

Aliansi Rakyat Bergerak Tuntut Lahan Eks HGU PT TB dan PR yang Dikuasai Warga Diberikan Status

- Senin, 8 Agustus 2022 | 20:44 WIB
  Massa aksi ARB saat menggelar aksi unjuk rasa di depan gerbang KP3B, Kota Serang, pada Senin, 8 Agustus 2022. (Muhamad Tohir/ Bantenraya.com)
Massa aksi ARB saat menggelar aksi unjuk rasa di depan gerbang KP3B, Kota Serang, pada Senin, 8 Agustus 2022. (Muhamad Tohir/ Bantenraya.com)

 

BANTENRAYA.COM -- Puluhan masa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) menggelar aksi unjuk rasa di depan gerbang Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B) di Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten, pada Senin, 8 Agustus 2022.

ARB menggelar aksi mewakili masyarakat petani penggarap tanah negara eks HGU Eks HGU PT The Bantam & Preanger Rubber Co. Ltd seluas kurang lebih 943 hektare yang terletak di 2 kecamatan, yakni Kecamatan Cimarga dan Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Koordinator Aksi Rahmat mengutarakan, para petani menuntut tanah negara eks HGU PT The Bantam & Preanger Rubber Co. Ltd menjadi tanah objek reforma agraria dan diberikan hak kepemilikan seluruhnya sebanyak 100 persen kepada masyarakat petani penggarap.

Baca Juga: 25 Kode Promo GrabFood Terbaru, 9 Agustus 2022: Makan dan Minum Sepuasnya dengan Gratis Ongkir

Apalagi, masyarakat petani di sana sudah menggarap kurang lebih dari tahun 2007 namun hingga kini tidak ada kepastian hukum dan tidak ada kejelasan terkait status.

"Dasarnya sudah jelas izin PT The Bantan dan Preanger Rubber sudah hangus sejak tahun 2022," ujar Rahmat.

Rahmat menambahkan, Pemkab Lebak sudah membuat sejumlah rekomendasi terkait kedua perusahaan tersebut.

Pertama, Pemkab Lebak sudah tidak lagi memberikan izin untuk PT The Bantam & Preanger Rubber Co. Ltd. Kedua, tanah itu diberikan kepada negara dan negara memberikan kepada masyarakat secara seluruhnya.

Dia mengaku, akan mengawal rekomendasi tersebut, sampai pihak Pemprov Banten melalui gugus tugasnya untuk membuat regulasi yang mengacu pada rekomendasi tersebut.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X