• Rabu, 28 September 2022

Pasien ODGJ di Kabupaten Serang Diajari Menanam Mentimun dan Hasilkan 2 Ton Lebih

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:19 WIB
 Pasien ODGJ di Yayasan Assifa Amalindo Pratama, Desa Sukabares, Kecamatan Waringikurung sedang memelihara tanaman mentimun, pekan kemarin. (Tanjung Bantenraya.com)
Pasien ODGJ di Yayasan Assifa Amalindo Pratama, Desa Sukabares, Kecamatan Waringikurung sedang memelihara tanaman mentimun, pekan kemarin. (Tanjung Bantenraya.com)

 

BANTENRAYA.COM- Bertempat di Yayasan Assifa Amalindo Pratama, Desa Sukabares, Kecamatan Waringikurung para pasien disabilitas mental atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) diberdayakan untuk bercocok tanam sayur mayur, salah satunya bercocok tanam mentimun.

Pemlik yayasan Ismail memanfaatkan lahan seluas 1.000 meter per segi di sekitar rumahnya untuk melatih kemampun berfikir anak yayasannya untuk bisa berkomunikasi dengan baik antar sesama mereka dan juga bisa produktif di tengah ketebatasan yang mereka alami.

"Kita memberdayakaan anak-anak di yayasan. Anak-anak kita ajari menanam mentimun sejak sekitar dua bulan lalu dari mulai mengolah tanah sampai dengan panen hari ini (kemarin-red)," ujar Ismail, Minggu 7 Agustus 2022.

Pengolahan tanah dan pemberian pupuk dasar memang dilakukan oleh orang lain namun untuk penanaman, pemupukan, dan penyemprotan dilakukan oleh para pasien ODGJ tersebut.

Baca Juga: Ketika Jokowi, Ganjar Pranowo, Erick Thohir Tampil Bersama di CFD Solo: Reuni, Hanya Mau Olahraga

"Saya hanya mengarahkan cara menanam, memupuk, dan menyemprot yang benar seperti apa," katanya.

Tidak hanya itu, tanpa ada arahan para pasien ODGJ yang sudah mendapat perawata itu berinisiatif membuat pagar sendiri agar tidak ada hewan yang masuk.

"Setiap pagi dan sore anak-anak main di sawah. Sampai dengan hari ini (kemarin-red) hasil panen sudah mencapai 2 ton. Untuk penjualan tidak susah karena ada yang menampungnya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X