• Senin, 8 Agustus 2022

Membedah Sejarah Proklamasi Kemerdekan Jelang HUT Republik Indonesia ke-77

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 21:27 WIB
Berikut ini adalah sejarah dari pembacaan proklamasi kemerdekaan, flashback menjelang HUt republik Indonesia ke-77. (Pixabay/Mufid Majnun)
Berikut ini adalah sejarah dari pembacaan proklamasi kemerdekaan, flashback menjelang HUt republik Indonesia ke-77. (Pixabay/Mufid Majnun)

BANTENRAYA.COM – Isi proklamasi menggambarkan betapa hebatnya pejuang kita hingga detik ini sampai terasa, dengan sosok-sosok yang pernah memperjuangakan kemerdekan bangsa Indonesia.

Berikut artikel ini akan menegaskan sosok pahlawan dalam isi proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Dikutip Bantenraya.com dari Buku Detik-detik Proklamasi Kemerdekan Indonesia yang ditulis oleh St Sularto, Dorothea Rini Yunarti pada tahun 2010.

Baca Juga: Bukan Spoiler! Ini Review Film Pengabdi Setan 2: Communion, Layak untuk Ditonton?

Tepatnya pada hari Jumat di bulan Ramadhan, pukul 05.00 pagi, fajar 17 Agustus 1945 memancar terbit matahari di ufuk timur.

Embun pagi masih menggelantung di tepian daun dan para pemimpin bangsa dan para tokoh pemuda keluar dari rumah Laksamana Maeda,

Dengan diliputi kebanggaan setelah merumuskan teks Proklamasi hingga dinihari.

Baca Juga: Tantang Pesulap Merah Bongkar Trik Keris Terbang, Pria Berpeci Putih Langsung Dihujat Netizen

Mereka, telah sepakat untuk memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia hari itu di rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta, pada pukul 10.00 pagi.

Bung Hatta sempat berpesan kepada para pemuda yang bekerja pada pers dan kantorkantor berita, untuk memperbanyak naskah proklamasi dan menyebarkannya ke seluruh dunia (Hatta, 1970:53).

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lampu PJU di Jalan Alternatif Ciloang Padam

Minggu, 7 Agustus 2022 | 19:53 WIB
X