• Senin, 3 Oktober 2022

KPU Lebak Matangkan Persiapan Jelang Pemilu 2024

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:54 WIB
Ketua KPU Lebak Ni'matullah  (Finka/Bantenraya)
Ketua KPU Lebak Ni'matullah (Finka/Bantenraya)

BANTENRAYA.COM - Jelang Pemilu (Pemilihan Umum) 2024, KPU Lebak sudah mulai aktif mematangkan persiapan seperti memfasilitasi layanan Pemilu serta mensosialisasikan teknis pelaksanaan Pemilu 2024.

Ketua KPU Lebak Ni'matullah menjelaskan, sosialisasi Pemilu sudah dimulai sejak tanggal 14 Juni 2022. Kemudian, tahapan pendaftaran peserta pemilu juga sudah dimulai dari tanggal 1 sampai 14 Agustus 2022.

“Perlu diketahui juga, ada tiga kategorisasi terkait dengan pelaksanaan peserta Pemilu berdasarkan Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 dan Keputusan MK Nomor 55 202,” katanya di KPU Lebak, Jumat 5 Agustus 2022.

Baca Juga: Waduh, Lebih dari Setengah Total Koperasi yang Ada di Kota Serang Dinyatakan Tidak Sehat

“Kategori pertama adalah yang lolos parliamentary threshold dan kedua yang tidak lolos parliamentary threshold, dan kategori ketiga partai baru," sambung Ni'matullah.  

Sejauh ini persiapan KPU Lebak kata Ni’matullah telah sesuai tugas dan kewajiban yang diberikan KPU RI. "Kami juga sudah melakukan sesuai dengan PKPU 3 dengan melalui tahapan, program, dan jadwal Pemilu dengan pendekatan sosialisasi tadi," tegasnya.

Lita Rosita, Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Lebak mengatakan, pihaknya juga berpedoman pada PKPU 4 tahun 2022 yang diantaranya ada serangkaian pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik jelang Pemilu 2024.

Baca Juga: Perbandingan Profil Ferdy Sambo dan Krishna Murti yang Jadi Sorotan Usai Video Lawasnya Viral

Kata Lita, partai yang sudah dinyatakan lolos verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual, KPU Pusat akan mengumumkan pada tgl 14 Desember 2022 sehingga akan diketahui siapa saja Partai Politik yang resmi menjadi peserta Pemilu 2024.

“Saat ini KPU Lebak telah melaksanakan sosialisasi tahapan Pemilu, namun pada prakteknya di lapangan KPU Pusat yang sepenuhnya saat ini melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual melalui layanan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). (mg-finka). ***

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X