KTP Digital Tahap Pertama di Kabupaten Serang Hanya untuk Kalangan ASN

- Jumat, 29 Juli 2022 | 06:14 WIB
Kepala Disdukcapil Kabupaten Serang Abdullah.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Serang Abdullah.

BANTENRAYA.COM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang sudah mulai melayani pembuatan KTP digital.

Namun tahap awal hanya untuk kalangan ASN.

"Untuk pembuatan KTP digital sudah dimulai dari bulan kemarin. Tetapi sementara untuk kalangan ASN (aparatur sipil negara) Kabupaten Serang dulu, baru kemudian ke depan pelayanan ke masyarakat," ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Serang Abdullah, Kamis 28 Juli 2022.

Baca Juga: 22 Desa di Kabupaten Serang Ditetapkan Menjadi Desa Wisata

Ia menjelaskan, proses pembuatan KTPel digital cukup gampang tinggal di akses di Android atau smartphone dan ada aplikasinya.

"Tapi prosesnya melalui operator kami di Disdukcapil. Tujuan untuk lebih memudahkan dan simpel juga penggunaannya. Ke depan transaksi di perbankan dan lainnya tidak harus bawa KTP yang lama lagi," katanya.

Abdullah menaregtkan, pada 2023 semua warga Kabupaten Serang yang punya Android sudah bisa memiliki KTP digital. Saat ini beberapa ASN sudah membuat KTP digital.

Baca Juga: Warga Kabupaten Serang Berebut Ribuan Durian Gratis di Depan Mendag Zulkifli Hasan

"Mudah-mudahan masyarakat akhir tahun ini paling lambat sudah bisa kita layani," tuturnya.

Sedangkan untuk warga yang tidak memiliki smartphone seperti manula dan yang lainnya tetap masih bisa menggunakan KTPel yang saat ini masih berlaku.

"Terus walaupun masyarakat sudah punya KTPel digital KTPel biasanya tidak kita ambil biar sebagai pegangan mereka. Kalau smartphone pemilik KTPel digital hilang bisa langsung lapor untuk dioffkan. Selanjutnya, diaktifkan lagi," katanya.***

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X