• Minggu, 2 Oktober 2022

Simak Penjelasan Lengkap Kenapa Whatsapp, Google, Instagram, Netflix, Twitter Bakal Diblokir Kemkominfo

- Rabu, 20 Juli 2022 | 19:03 WIB
Kemkominfo memberikan penjelasan mengapa WhatsApp, Google, Instagram, Netflix, Twitter hingga Facebook bakal diblokir jika tak lakukan ini. (Pixabay/HeikoAL)
Kemkominfo memberikan penjelasan mengapa WhatsApp, Google, Instagram, Netflix, Twitter hingga Facebook bakal diblokir jika tak lakukan ini. (Pixabay/HeikoAL)

BANTENRAYA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) ancam blokir platform perusahaan digital yang belum mendaftarkan ulang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Pendaftaran ulang PSE diperlukan Kemkominfo untuk menyesuaikan informasi dalam upaya melindungi masyarakat sebagai pengguna PSE Lingkup Privat dan menjaga ruang digital Indonesia.

Ancaman ini berlaku bagi platform perusahaan digital atau PSE bersifat lokal dan global termasuk diantaranya Whatsapp, Instagram, Google, Twitter, Facebook hingga netflix yang beroperasi di Indonesia.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon Ucapan Menyambut Tahun Baru Islam 1444 H, Desain Islami dan Religiu

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan, sampai saat ini terdapat sebanyak 4.634 PSE yang terdaftar di Kemkominfo.

Hal itu yang mencakup 4.559 PSE domestik dan 75d diantaranya adalah PSE global.

Dikutip Bantenraya.com dari kominfo.go.id yang diunggah Minggu 17 Juli 2022, Dirjen Semuel Abrijani menjelaskan, Menteri Kominfo Johnny G Plate telah mengingatkan dan menekankan kembali urgensi pendaftaran PSE yang beroperasi di Indonesia.

Baca Juga: NIK Jadi NPWP Mulai 2023, Apakah Semua Warga Indonesia Wajib Bayar Pajak?

“PSE domestik seperti Go-Jek, Ovo, Traveloka, Bukalapak dan lain sebagainya. PSE global seperti TikTok, Linktree, Spotify dan lain sebagainya," ujarnya.

"Ada 2.569 yang perlu memperbarui data-datanya atau mendaftarkan ulang, pendaftaran ulang dilakukan dalam rangka update penyesuaian informasi tentang PSE tersebut,” Katanya.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan ASN di Lebak Mendaftar Panwascam

Minggu, 2 Oktober 2022 | 21:46 WIB

Semalam, Lebak Selatan Digoyang 2 Kali Gempa

Minggu, 2 Oktober 2022 | 21:43 WIB

Jembatan Gantung di Kabupaten Serang Membahayakan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 21:29 WIB

KPK Ajak Kiai, Ulama dan Santri Berantas Korupsi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 21:26 WIB
X