• Minggu, 29 Januari 2023

Biaya Perawatan Ternak Lebih Tinggi saat PMK, Peternak Minta Pemda Bantu Obat-obatan

- Rabu, 13 Juli 2022 | 07:12 WIB
 Petugas kesehatan hewan Distan Kabupaten Serang memeriksa kesehatan hewan milik peternak di Kabupaten Serang, belum lama ini.
Petugas kesehatan hewan Distan Kabupaten Serang memeriksa kesehatan hewan milik peternak di Kabupaten Serang, belum lama ini.

BANTENRAYA.COM - Para peternak di Banten mengeluhkan biaya perawatan ternak yang lebih tinggi akibat adanya isu penyakit mulut dan kuku alias PMK.

Karena itu, mereka meminta pemerintah daerah membantu para peternak dengan memberikan obat dan vitamin untuk para peternak.

Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Provinsi Banten Ali Nurhasan mengatakan, pasca isu PMK di Indonesia, para peternak harus mengeluarkan pengeluaran ekstra untuk merawat ternak agar aman dan tidak tertular PMK.

Baca Juga: Nonton Serial Code Helix Episode 7, Saatnya Membuktikan Diri

Perawatan itu mulai dari penyemprotan antiseptik pada kandang dan ternak serta pemberian obat dan vitamin bahkan vaksin.

"Harapan kami dari peternak, dinas segera menurunkan obat-obatan atau anti biotik atau vitamin, bantuan buat peternak sehingga membantu meringankan beban para peternak," kata Ali, Selasa, 12 Juli 2022.

Bantuan obat-obatan dan vitamin ini menurut Ali akan membuat para petani atau peternak semangat kembali dalam menyiapkan hewan untuk Idul Adha tahun depan atau untuk keperluan harian.

Bila pemerintah daerah tidak memberikan bantuan maka para peternak akan ketakutan dengan adanya isu PMK ini.

Apalagi, harga vaksin saat ini masih mahal.

Baca Juga: 99 Persen Nasabah Merasa Puas atas Layanan KUR BRI

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X