• Kamis, 18 Agustus 2022

Deteksi Kecurangan PPDB Online di Kota Serang, Kepala Sekolah Swasta Pantau Dapodik

- Minggu, 3 Juli 2022 | 18:40 WIB

BANTENRAYA.COM -- Guna mendeteksi ada dan tidaknya pelanggaran terhadap aturan penerimaan peserta didik baru (PPDB), kepala sekolah swasta yang tergabung dalam organisasi Forum Komunikasi Kepala SMP Swasta (FOKKS) Kota Serang akan memantau data pokok pendidikan (dapodik).

Data pada dapodik merupakan data riil jumlah siswa yang ada pada suatu sekolah sehingga jumlah siswa akan ketahuan dari sistem ini.

Ketua FOKKS Kota Serang Deni Gumelar mengatakan, pihaknya akan memantau dapodik yang memuat data siswa di setiap SMP Negeri yang ada di Kota Serang.

Baca Juga: 10 Link Twibbon HUT Bank Indonesia ke-69, Desain Elegan dan Sederhana, Download Gratis

Dengan melihat dapodik, maka akan bisa diketahui apakah sekolah negeri di Kota Serang benar-benar mengikuti aturan PPDB atau bermain di belakang dan tidak mengindahkan aturan PPDB.

“Data dapodik itu bisa diketahui dan kami bisa mengakses itu karena data terbuka,” kata Deni, Minggu, 3 Juli 2022.

Dari dapodik, akan diketahui apakah sekolah menerima siswa melebihi kapasitas kuota kelas atau rombel sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 22 Tahun 2016 yaitu menyebutkan bahwa jumlah maksimal per rombel adalah 32 siswa.

Baca Juga: Berhaji Atas Nama Eril, Ridwan Kamil Akan Pimpin 1700 Jemaah Haji Jawa Barat

Sementara setiap sekolah sudah diketahui memiliki berapa rombel. Dengan demikian, akan mudah mendeteksi sekolah mana yang taat aturan dan bermain di belakang.

FOKKS Kota Serang sendiri, pada tahun 2021 yang lalu telah mendeteksi ada puluhan sekolah yang menerima siswa melebihi yang seharusnya.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X