• Kamis, 18 Agustus 2022

Keutamaan Puasa Pada Bulan Dzulhijjah, Berikut Dengan Bacaan Niat Puasa Sunah Ini

- Rabu, 29 Juni 2022 | 21:21 WIB
berdoa sebelum berbuka puasa (pixabay)
berdoa sebelum berbuka puasa (pixabay)

 

BANTENRAYA.COM - Puasa Dzulhijjah adalah puasa sunah, yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah. Pelaksanaan puasa Dzulhijjah ini dilaksanakan pada 10 hari sebelum hari raya Idul Adha, tanggal 1 sampai sembilan Dzulhijjah.

Dikutip Bantenraya.com dari nu.or.id, pelaksanaan puasa sunah ini salah satu yang dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dalam bulan Dzulhijjah.

Rasulullah SAW bersabda,
مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هٰذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِيْ أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

Artinya: Tidak ada hari dimana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya.

Baca Juga: Beda Pemerintah dan Muhammadiyah, Indonesia Ada Dua Lebaran Idul Adha

Sebagai salah satu bulan yang dimuliakan (asyhur al-hurum), bulan Dzulhijjah memiliki beberapa keutamaan dibanding bulan lainnya.

Inilah keutamaan puasa pada bulan Dzulhijjah:

1. Dilipatgandakan pahala ibadah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah mendapatkan pelipatan pahala dibanding ibadah di bulan lainnya.

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X