• Senin, 8 Agustus 2022

Hukum Patungan Hewan untuk Kurban Menurut Syekh Ali Jaber

- Selasa, 28 Juni 2022 | 09:10 WIB
Ciri orang mukmin yang taat pada Allah SWT yang dianungi keberuntungan kata  Syekh Hussein Jaber (Instagram @syekh.husseinjaber)
Ciri orang mukmin yang taat pada Allah SWT yang dianungi keberuntungan kata Syekh Hussein Jaber (Instagram @syekh.husseinjaber)

BANTENRAYA – Hari Raya Idul Adha sudah di depan mata dan Idul Adha disebut juga idul kurban karena Islam memerintahkan manusia yang mampu untuk berkurban.

Jumlah hewan kurban yang disembelih tentu disesuaikan dengan kemampuan, namun kurban hitungannya adalah per keluarga atau bukan perorangan.

Namun di tengah masyarakat ada kebiasaan patungan hewan kurban, misalnya satu ekor sapi atau kerbau untuk 7 orang.

“Saya sering dengar kurban dihitung per kepala, misal 7 orang wajib sapi. Atau suami istri kurbanya gantian. Ini hal keliru,” kata Syekh Ali Jaber dikutip dari kanal YouTube Mitra Tani Farm yang dinggal 11 Juli 2019.

Baca Juga: Pantun Idul Adha yang Cocok Jadi Motivasi Ibadah dan Jadi Status di Medsos

Dikatakan Syekh Ali Jaber, kurban beda dengan akikah dan zakat. Akikah dan zakat itu perorangan, sedangkan kurban hitungannya keluarga.

“Ini sesuai dengan kisah Nabi Ibrahim dimana Allah  menurunkan satu ekor kambing dari surga sebagai pengganti kala Ibrahim diperintahkan menyembelih putranya, Ismail. Nabi Ibrahim kan angota keluarganya 5. Namun Allah hanya mengirimkan satu ekor kambing dan bukan 5 kambing,” beber Syekh Ali Jaber.

Untuk itu kata Syekh Ali Jaber, saat berkurban maka sesuaikan dengan kemampuan. Misal, bapak punya istri dan anak. “Kalau mampu sapi silakan  sapi, jumlahnya berapa silakan sesuai kemampuan. Kalau kewajibanya tidak lebih dari 1 sapi,” terang Syekh Ali Jaber.

Baca Juga: Jalan Perumahan Permata Banjar Asri Kota Serang Bakal Dibetonisasi, Segini Nilai Anggarannya

“Bayangkan kalau anggota keluarganya 40, maka keluarga itu harus kurban 40 kambing, itu memberatkan,” jelas Syekh Ali Jaber. ***

Halaman:

Editor: Muhaemin

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prediksi Warganet Terkait Kasus Kematian Brigadir J

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:07 WIB
X