• Jumat, 12 Agustus 2022

Tak Berlanjutnya, 17 Perkara di Banten Berhasil Diselesaikan Secara Restorative Justice

- Senin, 27 Juni 2022 | 19:22 WIB
Kajati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak memberi keterangan kepada awak media saat peresmian rumah restorative justice di Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Senin 27 Juni 2022. (Darkat Nuryadin/Bantenraya.com)
Kajati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak memberi keterangan kepada awak media saat peresmian rumah restorative justice di Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Senin 27 Juni 2022. (Darkat Nuryadin/Bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten melalui Kejaksaan Negeri (Kejari) telah menghentikan 17 perkara tindak pidana ringan melalui restorative justice.

Adapun restorative justice sendiri adalah penyelesaian perkara secara damai antara pelaku dan korban.

Kajati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, Kejaksaan di bawah Kejati Banten telah mendirikan 8 rumah restorative justice di sejumlah wilayah di Provinsi Banten.

Baca Juga: 1.167 Pengendara Kena Tilang ETLE Selama Operasi Patuh di Banten, Paling Banyak Gara-gara Pelanggaran Ini

"Sudah 7 wilayah (Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Kota, Tangerang Selatan-red)," ujarnya saat peresmian rumah restoratif justice di Kecamatan Ciruas, Senin 27 JUni 2022.

"Dengan ini (Kabupaten Serang-red) jadi delapan," katanya.

Ia mengungkapkan, dari 8 rumah restorative justice ini, sudah ada belasan perkara tindak pidana ringan dengan nilai kerugian kurang dari Rp5 juta yang terselesaikan.

Baca Juga: Klaim Kode Redeem ML Mobile Legends 28 Juni 2022 Masih Aktif, Dapatkan Skin dan Diamond Gratis

"Ada 17, kemarin kan ada 16 tadi 1 Cilegon. Pada tahun 2021 ada 2 perkara di Serang dan tahun 2022 ada 2 perkara. Di Serang total ada empat perkara," ungkapnya.

Sementara itu, Kajari Serang Freddy Simandjuntak mengatakan, peresmian rumah restorative justice di wilayahnya, merupakan hasil dukungan Pemerintah Kota maupun Kabupaten Serang, dan pihak terkait lainnya.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Serang Wajibkan Anak PAUD Minimal Satu Tahun

Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:54 WIB
X