• Jumat, 12 Agustus 2022

Waspada! Hoaks Bantuan Sosial Semakin Marak, Kenali 3 Bahaya yang Mengintai

- Jumat, 24 Juni 2022 | 15:55 WIB
Masyarakat diminta untuk semain waspada dengan semakin maraknya kejahatan dengan hoaks berkedok bantuan sosial. (Instagram @kemensosri)
Masyarakat diminta untuk semain waspada dengan semakin maraknya kejahatan dengan hoaks berkedok bantuan sosial. (Instagram @kemensosri)

BANTENRAYA.COM - Hoaks mengatasnamakan bantuan sosial semakin marak terjadi di tengah masyarakat Indonesia.

Kementerian Sosial (Kemensos) RI menghimbau bagi masyarakat Indonesia untuk berhati-hati terkait hoaks yang mengatasnamakan bantuan sosial dan bahaya yang bisa ditimbulkan.

Melalui akun Instagram resmi @kemensosri menyatakan bahwa saat ini banyak situs hoaks bantuan sosial yang mengatasnamakan Kemensos RI.

Baca Juga: Sinopsis Melur untuk Firdaus Episode 18 Full, Berikut dengan Jadwal Tayang hingga Tamat

Kemensos RI nenyatakan bahwa situs hoaks bantuan sosial itu mempunyai indikasi penipuan sehingga perlu untuk tidak menyebarkan berkas pribadi.

Sebab, saat masuk perangkap situs hoaks bantuan sosial para pengguna harus menyertakan data diri hal ini bisa disalahgunakan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Lebih teliti lagi untuk memastikan bahwa informasi hanya diberikan dari laman terpercaya," tulis akun Instagram Kemensos RI.

Baca Juga: Viral Anak Mengamuk Minta Dibelikan Motor Baru Sampai Obrak Abrik Seisi Rumah, Warganet: Keluarkan dari KK Bu!

Kemensos menegaskan dan menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk lebih berhati-hati jangan sampai mengirim berkas kependudukan yang berisikan data pribadi ke situs-situs yang tidak terpercaya.

Menurut Kemensos RI bisa jadi modus tersebut memungkinkan indikasi penyalahgunaan data, penjualan data NIK KTP dan pembobolan rekening bank.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Serang Wajibkan Anak PAUD Minimal Satu Tahun

Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:54 WIB
X