• Selasa, 27 September 2022

Kafe Dilarang Siarkan Nobar Piala Dunia dan Liga Inggris, Ini Penjelasan Dirjen HAKI

- Jumat, 24 Juni 2022 | 14:49 WIB
Kafe dilarang menyiarkan Nobar Piala Dunia dan Liga Inggris hingga 2025. (Istimewa)
Kafe dilarang menyiarkan Nobar Piala Dunia dan Liga Inggris hingga 2025. (Istimewa)


 
BANTENRAYA.COM - Kafe saat ini dilarang untuk menyelenggarakan nonton bareng atau Nobar gelaran Piala Dunia dan Liga Inggris tanpa adanya izin dari PT Surya Citra Media selaku pemilik hak siar.
 
Bahkan, jika sengaja menggelar, pelaku usaha atau kafe dapat dikenakan sanksi pelanggaran UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.  
 
Ancaman hukuman pelanggaran UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta berupa kurungan 4 tahun dan denda sebanyak Rp1 miliar.

Baca Juga: Preview My Lecturer My Husband Season 2 Episode 6, Lengkap dengan Link Nonton Bukan Telegram Atau LK21
 
Dikutip BantenRaya.Com dari vidio.com, Jumat 24 JUni 2022, pelarangan tersebut karena adanya hak siar yang sudah didapatkan oleh PT Surya Citra Media, sehingga bagi yang ingin menyebarkan kembali harus mendapatkan izin dengan membayar kompensasi kontrak yang sudah ditentukan kedua belah pihak.
 
Penyelidik dan Penyelesaian Sengketa Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJKI) Irjen Pol Anom Wibowo menyatakan, contoh yang bisa melanggar yakni cafe melakukan nonton bareng dan sedang saja mengambil keuntungan dengan tidak melakukan kontrak kerjasama dengan PT SCM.
 
Hal itu, karena PT SCM sendiri sudah mengeluarkan bisanya yang cukup mahal untuk bisa mendapatkan hak siar dari FIFA.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Rilis Terbaru Manga One Piece Chapter 1054
 
“Hak siar itu tidak gratis dan itu dibayar sejumlah uang yang sangat mahal, jadi kami bertanggung jawab dan berkewajiban memberikan perlindungan kepada SCM. Jadi ada pihak lain Contohnya menyiarkan di cafe membuat tabel dan mereka satu tempat duduk sekian, padahal ia belum izin kepada pihak berwenang dan izin itu harus dibayar,” katanya.
 
Termasuk juga, papar Anum, misalnya ada masyarakat menggunakan TV kabel untuk menyiarkan tanpa ada izin maka itu juga akan dianggap melanggar, dan bisa dikenakan hukuman 4 tahun kurungan serta denda Rp1 miliar.
 
“Modus lainnya masyarakat kita menggunakan televisi kabel menyebarkan kepada masyarakat dan itu keuntungan besar untuk memungut uang sementara itu setengah mati untuk bisa mengembalikan modal (PT SCM),” ujarnya.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Rilis Terbaru Manga One Piece Chapter 1054
 
dijelaskan Direktur PT SCM Komjen Pol Purnawirawan Imam Sudjarwo jika ada potensi penyalahgunaan hak siar yang didapatkan PT SCM dari FIFA, untuk itu pihaknya menggandeng berbagai pihak untuk menindak tegas sesuai dengan peraturan berlaku.
 
“SCM mendapatkan suatu penghormatan dan kepercayaan dari FIFA sebagai lisensi eksklusif baik untuk piala dunia Qatar 2022 dan liga Inggris dari 2022 hingga 2025,” katanya.
 
“Dari itu semua ada potensi penyalahgunaan siaran dan ini yang dibahas dan melihat gelaran ini tentu ada penyalahgunaan dari pihak tertentu tanpa seizin SCM dan bagaimana bermitra dengan pihak lain, dan potensi pelanggaran itu bisa diminimalisir dan akan ditindak tegas dengan peraturan berlaku,” imbuhnya.

Baca Juga: Spoiler Melur untuk Firdaus Episode 18 Full: Dee Fitnah Melur hingga Menghasut Fir dan Walid
 
Adanya hak siar tersebut, jelas Iman, pertama karena sepak bola adalah keluarga yang diminati masyarakat Indonesia, kedua SCM mendukung pemerintah dalam rangka menggerakkan olahraga di Indonesia.
 
“Karena dengan olahraga khususnya sepak bola menjadi simbol dan dengan ini kita SCM group membantu mensukseskan program pemerintah. Menggerakan olahraga,” ujarnya.
 
Sementara itu, Kasubdit 3 Tipidter 4 Bareskrim Polri Wisnu Hadi menyampaikan, pihaknya akan menerapkan sanksi tegas kepada para pelanggar penyelenggara Nobar piala dunia dan Liga Inggris yang tidak mengantongi izin.

Baca Juga: Semester I, Kejati Banten Tetapkan 21 Tersangka Korupsi, Kebanyakan Tersandera Fee Proyek
 
“Sanksinya cukup jelas, bahwa ketika ada pelanggaran di bidang ini . Berdasarkan UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, penyelenggara nobar Piala Dunia 2022 maupun Liga Inggris tanpa izin SCM selaku pemegang hak siar dapat dijerat hukuman  sekitar penjara empat tahun dan denda maksimal Rp1 miliar," ujarnya.
 
Wisnu menyampaikan, karena ini adalah UUD Haki maka yang berlaku adalah delik aduan. Jadi tentu saja akan diproses ketika ada pengaduan dari pemilik hak siar.
 
“Jadi terkait dengan kegiatan nobar untuk piala dunia dan liga Inggris ketika orang atau pelaku usaha melakukan nonton barengan harus bekerjasama dengan yang memiliki hak siar, yang dilakukan karena uud haki dan delik aduan maka kita dari pihak bareskrim melakukan pengawasan terhadap beberapa cafe yang nonton bareng, tapi karena delik aduan harus ada pengaduan,” pungkasnya. ***

Editor: Ahmad Marjuki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengintip Jejak Siswa Titipan di Provinsi Banten

Selasa, 27 September 2022 | 16:50 WIB
X