• Kamis, 30 Juni 2022

7 Macam Mati Syahid Menurut Rasulullah SAW, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu, Termasuk yang Dialami Eril

- Jumat, 24 Juni 2022 | 08:30 WIB
Sering didengar, ternyata ini jenis 7 mati syahid dan keutamaan yang bisa diperoleh untuk mereka yang mengalaminya. (Muhammadiyah.or.id)
Sering didengar, ternyata ini jenis 7 mati syahid dan keutamaan yang bisa diperoleh untuk mereka yang mengalaminya. (Muhammadiyah.or.id)

BANTENRAYA.COM - Apa keutamaan dari mati syahid?

Dan ternyata ada 7 jenis macam mati syahid menurut Rasulullah SAW.

Peristiwa mati syahid berasal dari kata syahid yang diambil dari kata dasar 'syahida' yang berarti hadir serta menyaksikan, baik dengan mata lahir ataupun mata batin.

Baca Juga: Innalillahi, Sudah 9 Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal Dunia, Berikut Identitas dan Asal Daerahnya

“Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu” (QS. Fushshilat, 41:30).

Dalam surah Al-Hadid, 57:19 berbunyi:

"Ketika seseorang merasakan sakaratul maut, mereka dapat menyaksikan berbagai macam kenikmatan akhirat yang telah dijanjikan Allah kepada mereka"

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Singkat Tema Haji: Kurban Ungkapan Syukur Terbaik kepada Allah

Keutamaan mati syahid pun juga tersirat dalam QS. Ali ‘Imran, 3: 169 seperti: "Dari mereka juga diperlihatkan bahwa ruhnya tetap hidup dan berada di sisi Allah".

Dikutip Bantenraya.com dari Instagram @islampopuler, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam An-Nasai, Rasulullah SAW Bersabda : 

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X