• Sabtu, 25 Juni 2022

Di Banten Maling Bisa Tak Dipenjara Jika Tiga Syarat Ini Terpenuhi

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:20 WIB
Rumah Restorative Justice di Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Kamis, 23 Juni 2022.  (Gillang Bantenraya.com)
Rumah Restorative Justice di Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Kamis, 23 Juni 2022. (Gillang Bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM- Kepala Kejaksaan Tinggi atau Kajati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak meresmikan Rumah Restorative Justice di Kota Cilegon.

Rumah restorative justice Kota Cilegon berlokasi di Kawasan Kantor Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Kamis, 23 Juni 2022.

Peresmian Rumah Restorative Justice di Kelurahan Grogol dihadiri unsur Forkopimda Kota Cilegon dan unsur masyarakat.

Kajati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, Rumah Restorative Justice itu dapat menjadi salah satu tempat penyelesaian tindak pidana secara musyawarah mufakat.

Baca Juga: Kepiting Gabrugan Cilegon Tembus Omzet Rp5 Juta Per Hari

Penyelesaian masalah dengan cara mediasi oleh tokoh masyarakat, aparat desa atau kelurahan, aparat hukum, tersangka dan korban, dan dihadiri oleh penyidik.

"RJ (Restorative Justice) ini budaya kembali ke masa nenek moyang kita, semua permasalahan itu tidak ujung-ujung ke pengadilan, kita selalu musyawarah dan mufakat menyelesaikan masalah," kata Leonard, Kamis, 23 Juni 2022.

Meski demikian, kata Leonard, tidak semua perkara hukum bisa diselsaikan di Restorative Justice ini ada tiga syarat prinsip keadilan restorative justice bisa ditempuh.

Baca Juga: Penyebab Utama Artis Senior Rima Melati Meninggal Dunia, Ternyata..

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Film Pocong Mumun Kembali Hadir di Bioskop

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:27 WIB
X