• Senin, 3 Oktober 2022

Pelajar Rentan Dijadikan Kurir Narkoba, Bakesbangpol Kabupaten Serang Gelar Sosialisasi P4GN

- Selasa, 21 Juni 2022 | 21:05 WIB
Bakesbangpol Kabupaten Serang menggelar sosialisasi P4GN kepada para pelajar dan stakeholder terkait di SMPN 1 Ciruas, Senin 20 Juni 2022. (Rahmat Tanjung/Bantenraya)
Bakesbangpol Kabupaten Serang menggelar sosialisasi P4GN kepada para pelajar dan stakeholder terkait di SMPN 1 Ciruas, Senin 20 Juni 2022. (Rahmat Tanjung/Bantenraya)

BANTENRAYA.COM - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Serang menggelar sosialisasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) kepada pelajar di SMPN 1 Ciruas. Pasalnya, pelajar rentan diberdaya dan dimanfaatkan pengedar narkoba untuk menjadi kurir narkoba.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Serang Epi Priatna mengatakan, kegiatan sosialisasi program P4GN merupakan program yang dikerja samakan dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten termasuk dengan kepolisian untuk pemberantasan peredaran narkoba.

"Kita mengundang Kasat Narkoba dari Polres Serang Kota dan Polres Serang, Kementerian Agama dan perwakilan dari masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah). Kita melaksanakannya di SMPN 1 Ciruas kemarin (20/6) dan diikuti oleh 70 orang peserta," kata Epi, Selasa 20 Juni 2022.

Baca Juga: Surat Penolakan Penghapusan Honorer Terkendala Pendataan

Ia menjelaskan, semangat dari kegiatan sosialisasi P4GN tersebut untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya narkoba kepada para pelajar karena saat ini yang menjadi permasalahan bagi pihak kepolisian peredaran banyak dilakukan oleh pelajar terutama sabu dan tembakau gorila.

"Kalau peredaran narkoba dilakukan orang dewasa hukumannya berat, tapi kalau dilakukan pelajar atau anak di bawah umur hukumannya ringan sehingga pelajar gampang diberdaya oleh pengedar narkoba untuk bisa menjadi kurir narkoba dan melakukan transaksi dengan para pengguna," katanya.

Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ekonomi Sosial Budaya Bakesbangpol Kabupaten Serang Lalu Farhan Nugraha menjelaskan, pihaknya mendatangkan dua orang rarasumber dalam sosialisasi P4GN yakni Muhmmad Uut Lutfi dari Fakultas Hukum Unsera dan Mita Maharani dari BNN Provinsi Banten.

"Pihak sekolah menyampaikan terima kasih karena mereka sebenarnya merindukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya edukasi dan sosialiasasi kepada para pelajar. Kita tahu anak SMP kan banyak ingin tahu tentang segala hal. Kegiatan sosialisasi P4GN ini seharusnya empat kali dalam satu tahun tapi karena ada refokusing anggaran hanya sekali," kata Farhan.

Baca Juga: Ulama, Umaro, dan Umat Kecamatan Kasemen Deklarasi Melawan Sampah

Ia mengungkapkan, sosialiasi P4GN bagian dari rangkaian kegiatan Hari Anti Narkotikan Internasional (HANI) yang jatuh pada 26 Juni. "Penekanannya terhadap para pelajar ketika ada seseorang yang tidak dikenal menitipkan barang dengan iming-iming uang besar patut dicurigai," tuturnya.***

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X