• Senin, 3 Oktober 2022

Manfaatkan Limbah Batu Bara, PLTU Banten 2 Labuan OMU Gandeng Bumdes

- Jumat, 17 Juni 2022 | 15:51 WIB
 PLTU Banten 2 Labuan OMU menggandeng Bumdes) di Kecamatan Labuan, dan Kecamatan Pagelaran dalam pengelolaan pemanfaatan limbah FABA. (yanadi/banten raya)
PLTU Banten 2 Labuan OMU menggandeng Bumdes) di Kecamatan Labuan, dan Kecamatan Pagelaran dalam pengelolaan pemanfaatan limbah FABA. (yanadi/banten raya)

BANTENRAYA.COM - Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PT Indonesia Power Banten 2 Labuan OMU menggandeng Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di wilayah Kecamatan Labuan, dan Kecamatan Pagelaran dalam pengelolaan pemanfaatan limbah Fly Ash dan Bottom Ash (FABA).

Perjanjian kerjasama dengan beberapa Bumdes di kawasan penyangga tersebut dilakukan untuk meningkatkan perekonomian, melalui pemberdayaan masyarakat serta mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui BUMDes.

Perlu di ketahui, Implementasi pemanfaatan faba berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang merupakan turunan dari Undang Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, di dalamnya terdapat pengaturan tentang Pengelolaan Limbah B3 dan Non B3 dari kegiatan pembakaran batubara (FABA).

Baca Juga: Murid SMPN 29 Kota Tangerang Diajari Rakit Pesawat

Direktur Utama PT Indonesia Power M Ahsin Sidqi mengatakan, Indonesia Power akan terus mewujudkan komitmen untuk dapat memanfaatkan faba sebagai produk material bangunan, yang dapat diaplikasikan di bidang kontruksi dan infrastruktur dan lainnya.

"Cita-cita kedepan, faba ini dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai bahan baku konstruksi pengganti semen, untuk menjadi peluang usaha masyarakat di sekitar PLTU dan bekerjasama dengan Bumdes setempat," kata Sidqi, Jumat 17 Juni 2022.

Tenaga Ahli Madya Kedeputian I Kantor Staf Presiden, Hery Suhartono menambahkan, kegiatan ini merupakan amanat dari Presiden, salah satunya mendorong kemudahan usaha yang merupakan unsur dalam undang-undang cipta kerja.

Baca Juga: Siapa Ahnaf Arrafif Pria Jadi-Jadian? Berikut Kronologi Kejadiannya Sampai Nekat Nikahi Perempuan Jambi

"Dalam undang-undang cipta kerja didalamnya terdapat hal yang mengatur dan mendorong usaha, salah satunya dengan kegiatan ini, yang nantinya diharapkan melalui PLTU Labuan dan bumdes dapat menciptakan banyak usaha yang kemudian nanti akan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat," tuturnya. *

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X