• Jumat, 12 Agustus 2022

Dibuat dengan Anggaran Jutaan Rupiah, Puluhan Aplikasi Digital di Kota Cilegon Mubazir

- Kamis, 9 Juni 2022 | 07:58 WIB
Kepala Diskominfo Kota Cilegon Didin S Maulana menyebut jika aplikasi digital di OPD banyak yang tak berjalan. (Gillang/bantenrata.com)
Kepala Diskominfo Kota Cilegon Didin S Maulana menyebut jika aplikasi digital di OPD banyak yang tak berjalan. (Gillang/bantenrata.com)

BANTENRAYA.COM - Keberadaan aplikasi digital yang dibuat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Cilegon tidak difungsikan dengan baik alias mubazir

Padahal, dalam pembuatan aplikasi digital tersebut dana yang digelontorkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon bisa dibilang tidak sedikit.

Akibatnya, Dinas Komunikasi dan Informatika, Sandi dan Statistik (Diskominfo) Kota Cilegon  mengancam akan mengeluarkan surat moratorium dengan tak mengizinkan OPD membuat aplikasi digital baru. 

Baca Juga: Jadwal Tayang dan Harga Tiket Nonton Film Satria Dewa Gatotkaca di Bioskop Jakarta Hari Ini

Kepala Diskominfo Kota Cilegon Didin S Maulana mengatakan, tidak diterbitkannya izin pembuatan aplikasi digital baru dilakukan karena melihat sejauh mana aplikasi yang dimiliki oleh para OPD dipergunakan atau tidak.

Mengigat, banyak aplikasi-aplikasi yang justru tidak dimanfaatkan dengan baik di beberapa OPD. 

“Kalau data yang saya punya di 2020 aja sudah ada 53 aplikasi digital yang tersebar di masing-masing OPD," ujar Didin, Rabu, 8 Juni 2022.

Baca Juga: Update Harga Tiket Konser The Boyz 2022 di Jakarta, Lengkap Dengan Link Beli

"Diantaranya di Diskominfo ada 2 aplikasi, BPKAD ada 5 aplikasi, RSUD 10 aplikasi, Bappeda 2 aplikasi, Disperindag 1 aplikasi, Dindik 5 aplikasi, DP3AKB 3 aplikasi, Dinas Kesehatan 1 aplikasi dan Dinas Sosial 1 aplikasi," ungkapnya.

Kata Didin, pada 2021 total aplikasi buatan OPD di Kota Cilegon sendiri mencapai 45 aplikasi.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Serang Wajibkan Anak PAUD Minimal Satu Tahun

Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:54 WIB
X