• Minggu, 14 Agustus 2022

Cegah PMK, Pemerintah Sarankan Pengiriman Hewan Ternak Antar Pulau Gunakan Kapal Tol Laut

- Jumat, 27 Mei 2022 | 09:55 WIB
Kapal tol sedang membawa muatan hewan ternak (Kemenhub RI)
Kapal tol sedang membawa muatan hewan ternak (Kemenhub RI)

BANTENRAYA.COM- Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memastikan keamanan dan keselamatan pengiriman sapi dengan Kapal Ternak meski di tengah pandemi wabah Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK.

Para pemilik sapi dianjurkan untuk mengirimkan ternaknya dengan kapal tol laut dalam hal ini pemanfaatan kapal ternak guna mengurangi risiko penyebaran virus PMK lewat kontak di jalur darat.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut pasa Kemenhub RI Mugen Sartoto menjelaskan, proses pengiriman hewan ternak terutama menjelang Idul Adha dipastikan akan mengalami peningkatan. 

Oleh karena itu, penularan virus PMK harus diwaspadai.

"Wilayah asal ternak dari NTB dan NTT dan wilayah tujuan Tanjung Priok dan Jawa Tengah dianjurkan menggunakan Tol Laut agar tidak melewati wilayah Jawa Timur yang menjadi wilayah pandemi PMK," ujarnya.

Baca Juga: Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila yang Kental dengan Sosok Soekarno

Capt Mugen mengungkapkan, pandemi penyakit mulut dan kuku seperti ini, Kapal Angkutan Khusus ternak tetap beroperasi seperti biasa. 

Saat ini Kapal Ternak tengah mengangkut 550 ekor sapi yang berasal dari Bima dan Kupang yang akan dibongkar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Muatan ternak sapi yang diangkut dengan kapal angkutan khusus ternak sudah melalui tahapan karantina selama 14 hari di pelabuhan muat, dan sudah mendapatkan Sertifikat Kesehatan Hewan atau SKH yang dikeluarkan oleh Badan Karantina Pertanian di daerah. 

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah dan Biografi Baden Powell, Bapak Pramuka Dunia

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:42 WIB

14 Agustus 2022 Diperingati Hari Apa? Simak di sini!

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:24 WIB
X